Nilai-nilai Pendidikan Spiritual dalam novel mengembara mencari Tuhan karya Syeikh Nadim Al-Jisr

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mughni, Muhammad Syafiq (2019) Nilai-nilai Pendidikan Spiritual dalam novel mengembara mencari Tuhan karya Syeikh Nadim Al-Jisr. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syafiq Mughni_D01215031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendididkan merupakan Hal yang tidak bisa dijauhkan dari Manusia, Pendidikan merupakan sarana manusia untuk bisa mengenal Tuhannya. Dengan pendidikan manusia lebih bernilai dan berbeda dengan seluruh makhluk Ciptaan Allah SWT., artinya manusia memang sangat membutuhkan pendidikan. Apalagi pendidikan ruhaniyah atau spiritual. Jika beberapa model pendidikan sudah bisa mengantar manusia dengan segala potensinya untuk mengembangkan fitrahnya maka dalam pendidikan spiritual manusia berlatih untuk lebih mendekarkan diri dengan Tuhannya. Pendidikan spiritual merupakan sebuah upaya sadar manusia untuk selalu berusaha mendekatkan diri kepada Tuhannya dengan berbagai dalil kebenaran yang ada, tidak hanya sepintas keyakinan melainkan sebuah kebenaran yang dicari melalui proses pembuktian yang pasti dan masuk akal. Kali ini sebuah Mahakarya Sastra yang sangat istimewa yang menjadi objek penelitian bagi penulis adalah Novel Mengembara Mencari Tuhan Karya Syeikh Nadim Al-Jisr, karena sampai sekarang citra diri novel di indonesia hanya sebatas buku-buku bacaan para remaja yang dianggap tidak penting oleh kalangan akademisi pendidikan. Tetapi sebenarnya dalam diri novel terdapat nilai-nilai positif yang dapat mengembangkan peserta didik setelah membaca novel tersebut. Karya sastra selalu mengajak pmbaca kepada kelembutan, kebijaksanaan, kasih sayang, dan kebenaran, maka alangkah baiknya kita jika mulai sekarang Novel kita letakkan di posisi yang agak tinggi dari yang sebelumnya. Dewasa ini pendidikan di indonesia semakin tak menemukan ujung tujuannya, banyaknya kasus-kasus dalam dunia pendidikan sudah bisa kita saksikan dengan mudahnya di Smartphone. Oleh karena itu pendidikan spiritual bisa menjadi sebuah alternatif untuk membentuk moral dan karakter peserta didik indonesia. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual yang terkandung dalam Novel Mengembara mencari Tuhan? Penelitian ini menggunkaan metode “Library Research” yakni sebuah upaya pencarian dengan disandarkan pada studi pustaka. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, dengan menggunakan data sumber primer Novel Mengembara mencari Tuhan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mughni, Muhammad SyafiqSyafiqmughni33@gmail.comD01215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyaifuddin, SyaifuddinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Fiksi
Fasilitas Umum
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bibliografi
Pemikiran
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Spiritual; Novel Megembara Mencari Tuhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mughni Muhammad Syafiq
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:02
Last Modified: 10 Sep 2020 12:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33956

Actions (login required)

View Item View Item