Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Materi Pecahan Sederhana di Kelas III MI Al Fudlola Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afrizal, Meitia Chairany (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Materi Pecahan Sederhana di Kelas III MI Al Fudlola Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meitia Chairany Afrizal_D07215024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa kelas III di MI Al-Fudlola Porong Sidoarjo pada mata pelajaran matematika terutama materi pecahan sederhana. Guru menggunakan metode ceramah serta demonstrasi sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran serta hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal yaitu hanya 36,36% siswa yang mencapai KKM. Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan guru kelas III, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) penerapan strategi pembelajaran Index Card Match pada matei pecahan sederhana untuk peningkatan hasil belajar siswa di kelas III MI Al-Fudlola Porong Sidoarjo, 2) peningkatan hasil belajar siswa pada materi pecahan sederhana di kelas III MI Al-Fudlola Porong Sidoarjo dengan menggunakan strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin dengan 2 kali tindakan atau terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Fudlola Porong Sidoarjo, dengan jumlah siswa sebanyak 11 anak, yaitu 4 siswa laki-laki, dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, pedoman wawancara, dan butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi Index Card Match berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 80, meningkat pada siklus II yaitu 85. Hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I yaitu 82,5 kemudian pada siklus II menjadi 92,5. (2) Peningkatan hasil belajar terjadi setelah penerapan strategi Index Card Match yang dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai siswa sebelumnya pada pra siklus yaitu hanya 55, dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 36,36% (sangat kurang). Nilai rata-rata pada siklus I menjadi 74,54 dengan persentase ketuntasan belajar yaitu 63,63% (cukup). Nilai rata-rata siswa pada siklus II menjadi 82,27 dengan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 90,90% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afrizal, Meitia Chairanyranyafrizal@gmail.comD07215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorWakhidah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorTamwifi, IrfanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Minat Siswa
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afrizal Meitia Chairany
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:55
Last Modified: 08 Aug 2019 04:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33944

Actions (login required)

View Item View Item