Sejarah Perkembangan Masyarakat Muslim Tionghoa di Desa Dungkek Kabupaten Sumenep Abad Ke-XVIII

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farid, Zainul (2019) Sejarah Perkembangan Masyarakat Muslim Tionghoa di Desa Dungkek Kabupaten Sumenep Abad Ke-XVIII. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainul Farid_A02214024 .pdf

Download (9MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Masyarakat Muslim Tionghoa Di Dungkek Kabupaten Sumenep Abad Ke-XVIII”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa hal berikut antara lain : 1) Untuk Mendeskripsikan Kehidupan Sosial Budaya Tionghoa di Dungkek. 2) Untuk Mendeskripsikan Sejarah Muslim Teonghoa di Dungkek. 3) Untuk Mendeskripsikan Perkembangan Muslim Tionghoa di Dungkek. Skripsi ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap, antara lain: 1) Metode Heuristik (pengumpulan sumber) pengumpulan data dari buku, atikel, makalah, jurnal dan wawancara. 2) Metode Verifikasi (Kritik Sumber, yang terdiri dari kritik intern dan kritik ekstern. 3) Metode Interpretasi (penafsiran) atau melihat kebali sumber-sumber yang didapat. 4) Metode Historiografi (penulisan sejarah) atau pemaparan dan pelaporan hasil penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan atau wawancara dan studi kearsipan. Skripsi ini menggunakan pendekatan Historis, serta menggunakan teori Continuity and Change (perubahan dan perkembangan). Hasil dari penelitian ini antara lain adalah: 1) Sejarah dan awal mula Tionghoa masuk ke desa Dungkek serta peninggalan-peninggalan apa saja yang ada di desa Dungkek. 2) Sejarah masuknya Tionghoa ke agama islam sehingga meningkatkan kualitas hubungan yang baik dengan masyarakat pribumi serta masuknya seni dan usaha yang dihasilkan oleh masyarakat Tionghoa ke Desa Dungkek. 3) Nilai-nilai keislaman Tionghoa dalam pernikahan, dalam berbahasa, dalam beragama, maupun dalam hal toleransi antar sesama masyarakat. Dengan adanya perkembangan tersebut, perekonomian dalam sosial budaya desa Dungkek juga mengalami peningkatan. Mulai dari pertanian, nelayan maupun bidang pahat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farid, Zainulzainulfarid3@gmail.comA02214024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSusanto, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Sejarah Islam; Masyarakat Muslim Tionghoa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Farid Zainul
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:44
Last Modified: 08 Aug 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33934

Actions (login required)

View Item View Item