Ekonomi energi dalam perspektif pemikiran Al Ghazali pada kasus Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Husna, Hidayatul (2019) Ekonomi energi dalam perspektif pemikiran Al Ghazali pada kasus Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatul Husna_G74215066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Ekonomi Energi dalam Perspektif Pemikiran Al-Ghazali pada Kasus Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).” Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana ekonomi energi pembangkit listrik tenaga surya perspektif Al-Ghazali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis ekonomi energi pembangkit listrik tenaga surya dalam perspektif Islam melalui pemikiran Al-Ghazali. Metode yang digunakan dalam skripsi ini yaitu studi literatur berupa pemikiran Al-Ghazali mengenai Ekonomi Islam. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis isi untuk mengetahui jawaban dari permasalahan. Pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri literatur baik buku, jurnal, artikel dan media literasi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangkit listrik tenaga surya dalam pandangan maslahah Al-Ghazali merupakan penghasil energi yang baik bagi kehidupan dan termasuk dalam maslahah hajiyat, dan perlu dikembangkan di Indonesia mengingat bahwa Indonesia merupakan negara tropis yang mendapat penyinaran penuh selama 1 tahun. Adapun dalam tinjauan konsumsi, PLTS merupakan energi yang efisien yang merupakan manifestasi dari maslahah. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk menggunakan PLTS sebagai penyedia energi, sebagai upaya untuk menggunakan energi yang ramah lingkungan. Dan diharapkan pula adanya subsidi modul panel surya, agar masyarakat terdorong menggunakan energi yang ramah lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Husna, Hidayatulhydha.husna63@gmail.comG74215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFitrianto, Achmad RoomUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Energi; PLTS; Al-Ghazali
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Husna Hidayatul
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:10
Last Modified: 08 Aug 2019 03:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33922

Actions (login required)

View Item View Item