Peningkatan hasil belajar subtema 1 persitiwa kebangsaan masa penjajah melalui model kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas V MI Assyafi'iyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahbubah, Nafiatul (2019) Peningkatan hasil belajar subtema 1 persitiwa kebangsaan masa penjajah melalui model kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas V MI Assyafi'iyah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
NAFIATUL MAHBUBAH_D07215029.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa kelas V MI Assyafi’iyah Lamongan pada mata pelajaran Tematik subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajah. Berdasarkan kegiatan prasiklus, dari 18 siswa, dalam tiga muatan pelajaran yang ada pada setiap subtema yaitu muatan IPA hanya 4 siswa yang tuntas, muatan Bahasa Indonesia hanya 7 siswa yang tuntas dan muatan SBdP hanya 3 siswa yang tuntas.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model kooperatif make a match dalam meningkatkan hasil belajar Tema 7 Peristiwa kebangsaan masa penjajah pada siswa kelas V MI As-Syafi’iyah Lamongan ?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar tema 7 Peristiwa kebangsaan masa penjajah melalui model Kooperatif Make a match pada siswa kelas V MI As-Syafi’iyah Lamongan ?Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Metode PTK digunakan pada penelitian tindakan kelas ini adalah metode Kurt lewin yang didalamnya terdapat 4 tahapan pelaksanaan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Assyafi’iyah Lamonganyang terdiri dari 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan model make a match pada siswa kelas V MI Assyafi’iyah Lamongan telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas guru meningkat dari siklus I skor yang diperoleh sebesar 84,6 sedangkan siklus II menjadi 95,9. Dan hasil observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I skor yang diperoleh sebesar 84,8 sedangkan siklus II menjadi 90,9. 2) peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat bahwa nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu Muatan B.Indonesia 74,4 menjadi 87,2. Pada muatan IPA 72,5 menjadi 83 dan muatan SBdP 72,7 menjadi 80,5 pada siklus II. Prosentase hasil belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu pada muatan B.Indonesia 61,1% menjadi 83,3%, muatan IPA 55,5% menjadi 77,7% dan muatan SBdP 50% menjadi 77,7% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahbubah, NafiatulMahbubahnafia@gmail.comD07215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDM, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSihabudin, SihabudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Sejarah
Keywords: Hasil belajar ; Tematik, Model Kooperatif
Depositing User: Mahbubah Nafiatul
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:31
Last Modified: 12 Aug 2019 07:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33916

Actions (login required)

View Item View Item