Pengorganisasian Komunitas Jasa Usaha Cuci Sepeda Motor dalam Usaha Pengelolaan Limbah di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Ayu Firda (2019) Pengorganisasian Komunitas Jasa Usaha Cuci Sepeda Motor dalam Usaha Pengelolaan Limbah di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Firda Maulidia_B92215046.pdf

Download (6MB)

Abstract

Maulidia, Ayu. 2019. Strategi Perencanaan Kebijakan Lingkungan Melalui Pengorganisiran Komunitas Jasa Usaha Cuci Sepeda Motor Di Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Ampel Surabaya. (dibimbing oleh Dr. Chabib Musthofa, S.Sos.I, M.Si). Dilatar belakangi oleh menurunnya kualitas sungai di Surabaya yang disebabkan oleh bahan-bahan pencemar air termasuk didalamnya sabun, detergen, atau bahan pembersih lainnya. Maka secara tidak langsung, deretan jasa usaha cuci sepeda motor juga berkontribusi akan lingkungan terdampak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat langkah perubahan dalam pengelolaan limbah pada jasa usaha cuci sepeda motor. Metode pendekatan yang digunakan adalah Partisipatory Action Riset (PAR) yang menitik beratkan pada partisipasi/peran masyarakat dalam melakukan upaya perubahan. Diawali dengan proses pengedukasian komunitas hingga pada perencanaan yang matang hasil dari beberapa kali Focus Group Discussion (FGD) diadakan. Dalam upaya penanggulangan pencemaran sungai membutuhkan banyak pihak untuk berkontribusi dalam tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing. Setiap keputusan diputuskan bersama melalui musyarawarah dan diharapkan pada jangka panjangnya, setiap pihak ikut bertanggung jawab atas kebijakan yang disepakati bersama. Hasil dari pada penelitian ini adalah sebuah perencanaan bersama pembuatan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sebagai usaha pengelolaan air limbah jasa usaha cuci sepeda motor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Ayu Firdaayumaulidia3@gmail.comB92215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id197906302006041001
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Perilaku
Keywords: Limbah Jasa Usaha Cuci Sepeda Motor; Pencemaran Sungai, Perencanaan Kebijakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Maulidia Ayu Firda
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:59
Last Modified: 09 Aug 2019 02:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33907

Actions (login required)

View Item View Item