Analisis Kualitas Air Sungai Sesuai dengan Baku Mutu Air Bersih: studi kasus sungai pelayaran kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

prihatini, heppy nurika (2019) Analisis Kualitas Air Sungai Sesuai dengan Baku Mutu Air Bersih: studi kasus sungai pelayaran kecamatan Taman kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heppy Nurika Prihatini_H75215018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sungai merupakan suatu bentuk ekosistem aquatik yang mempunyai peran penting dalam daur hidrologi dan berfungsi sebagai daerah tangkapan air (cathment area) bagi daerah sekitarnya sehingga kondisi sungai sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Begitu pula dengan Sungai Pelayaran Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo yang daerah sekitarnya merupakan pemukiman penduduk sehingga besar potensinya untuk tercemar. Maka dari hal tersebut penelitian ini akan mengidentifikasi kualitas dan status mutu air Sungai Pelayaran, tiga titik pengambilan sampel air sungai yaitu segmen 1 yang terletak di Balong Bendo, bagian segmen 2 terletak di Desa Tawangsari, dan bagian segmen 3 terletak pada intake PDAM. Dari hasil analisa yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa kualitas air sungai Pelayaran yang memenuhi baku mutu yaitu suhu dengan nilai sebesar 30oC pada segmen 1 sungai, 32oC pada segmen 2 sungai dan 33oC pada bagian segmen 3, TSS pada sungai Pelayaran yang memenuhi baku mutu hanya lokasi hulu dengan nilai sebesar 42,5 mg/L, kemudian parameter pH pada lokasi segmen 1 sebesar 7,76, lokasi segmen 2 sebesar 7,85 dan lokasi segmen 3 sebesar 7,85, parameter COD yang memenuhi baku mutu lokasi segmen 2 dengan kadar COD sebesar 6.5724 mg/L. Sedangkan untuk status mutu Sungai Pelayaran dikategorikan tercemar ringan dengan nilai indeks pencemaran sebesar 3,16 untuk segmen 1, pada bagian segmen 2 sungai dikategorikan tercemar ringan dengan nilai sebesar 3,14 dan pada segmen 3 dikategorikan tercemar ringan nilai sebesar 3,5. Tercemarnya sungai Pelayaran dapat disebabkan oleh sampah atau limbah organik yang berasal dari rumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
prihatini, heppy nurikaheppynurikap01@gmail.comH75215018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetyowati, Diah Nugraheninugraheni_diah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorHakim, Abdulabdul.hakim@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Teknik Lingkungan
Uncontrolled Keywords: Sungai; analisi; kualitas air; indeks pencemaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Prihatini Heppy Nurika
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:14
Last Modified: 08 Aug 2019 06:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33906

Actions (login required)

View Item View Item