Komunikasi bencana dalam penanganan peristiwa erupsi Gunung Agung : Studi Deskriptif di Desa Selat Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadillah, Virgia (2019) Komunikasi bencana dalam penanganan peristiwa erupsi Gunung Agung : Studi Deskriptif di Desa Selat Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Virgia Fadillah_B76215072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara yang berada di sirkum cincin api (ring of fire) menyebabkan banyak gunung berapi di Indonesia. Sebagian besar masyarakatnya juga bermukim di wilayah yang dekat dengan Gunung Berapi hal ini menyebabkan bencana seperti erupsi tidak dapat dihindari. Komunikasi diperlukan dalam segala aspek kehidupan tidak terkecuali dalam konteks kebencanaan. Komunikasi bencana dibutuhkan untuk proses penanggulangan bencana terutama untuk mengkordinasikan baik pada fase pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana yang melibatkan pemerintah, pihak terkait warga dan relawan.
Fokus penelitian yang diteliti adalah bagaimana tindakan komunikasi bencana yang dilakukan pada pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana dalam penanganan peristiwa erupsi Gunung Agung. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa tindakan komunikasi yang dilakukan pada pra bencana dengan melakukan edukasi dan sosialisasi, pemetaan daerah rawan bencana, pembuatan rambu-rambu peringatan dini dan simulasi bencana. Tindakan komunikasi saat tanggap darurat bencana terdapat sedikit hambatan saat proses mengevakuasi dan menghimbau masyarakat lanjut usia untuk mengungsi. Tindakan komunikasi pasca bencana dilakukan berupa upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pada beberapa insfrastruktur seperti jalan dan rumah dampai bisa mencapai normalisasi kehidupan masyarakat di wilayah pasca bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadillah, Virgiavirgiafaa@gmail.comB76215072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNurdin, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Bencana, Penanggulangan Bencana, Gunung Berapi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fadillah Virgia
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:20
Last Modified: 07 Aug 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33902

Actions (login required)

View Item View Item