EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS II SD TAQUMA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmasari, Yuni (2014) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS II SD TAQUMA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Metode Ummi adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah membaca Al-Qur’an terutama untuk masa usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran metode ummi mampu meningkatkan hafalan surat pendek pada siswa kelas II SD Taquma Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas II Sekolah Dasar Taquma Surabaya. Sampelnya adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Taquma Surabaya yang berjumlah 20 siswa. Memori merupakan alat yang di gunakan untuk menggambarkan penglaman masalalu dan menggunakan di masa sekarang yaitu dengan pemasukan, penyimpanan dan pemunculan kembali. Pengolahan data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan eksperimen non random (pretest-posttest one group desaign) dan teknik uji peringkat bertanda (wilcoxon signed rank test) dengan menggunakan program komputer SPSS versi 11.5 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0.000 dengan p < 0.05, maka hipotesis diterima. Artinya terbukti bahwa metode ummi efektif dalam meningkatkan menghafal surat pendek pada anak sekolah dasar. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan metode ummi efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek pada anak sekolah dasar di terima. Dimana siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, tidak merasa bosan, dan juga dapat menangkap informasi atau pelajaran lebih cepat, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam menghafal surat pendek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abdul Muhid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmasari, YuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Ummi; Memory; Psikologi Belajar.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2015 07:19
Last Modified: 06 Feb 2015 07:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/339

Actions (login required)

View Item View Item