Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Anak dalam Alquran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Utama, Anita Putri (2019) Tanggung Jawab Orang Tua terhadap Anak dalam Alquran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Putri Utama_E03212046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab orangtua terhadap anak dalam Alquran dan memberikan gambaran sekilas tentang cara mendidik anak dengan baik. Awal mula dari penelitian ini penulis seringkali melihat orangtua yang lalai akan tanggung jawab orangtua terhadap anaknya, dengan selalu menyepelehkan, membiarkan, bahkan tidak diprioritaskan karena keegoisannya. Banyak orangtua yang kurang memprioritaskan akan pendidikan anaknya. Padahal anak adalah anugerah yang luar biasa dari Allah SWT, anak adalah buah hati dan generasi masa depan anak cucu keturunan kita, bahkan di dalam Alquran sendiri juga dijelaskan adanya ayat-ayat Alquran tentang tanggung jawab manusia sebagai orangtua terhadap anak. Penelitian ini bersifat (Kepustakaan) Library Research dengan menggunakan Metode Kualitatif. Penyajian tafsirnya dengan menggunakan pendekatan metode tematik (maudhu’i. ) dengan menghimpun beberapa ayat-ayat Alquran yang memiliki kesamaan dengan tema, kemudian ayat-ayat Alquran tersebut dihimpun dengan penjelasan kandungannya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sesungguhnya tanggung jawab di dalam Alquran disebut juga sebagai amanah , amanah yang harus dilaksanakan dan di jalankan sebagai bukti rasa syukur kita sebagai manusia atas pemberianNya. Karena tidak semua orang diberikan anugerah tersebut. Tanggung jawab orangtua terhadap anak bukan hanya memberi nafkah tetapi juga memberikan tanggung jawab penuh, seperti tanggung jawab Nutrisi Fisik, tanggung jawab nutrisi rohani, dan juga tanggung jawab Pendidikan. Dan memenuhi kebutuhan anak dan juga membimbingnya untuk selalu taat terhadap Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Utama, Anita Putrianitaputri019@gmail.comE03212046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsa.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Tanggung Jawab Orang Tua
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Utama Anita Putri
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:27
Last Modified: 08 Aug 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33891

Actions (login required)

View Item View Item