Parenting terhadap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Kasus Enggar Karldera di Sekolah Luar Biasa (SLB) Putra Mandiri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Casablanca, Helen Juniar (2019) Parenting terhadap ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Kasus Enggar Karldera di Sekolah Luar Biasa (SLB) Putra Mandiri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Helen Juniar Casablanca_E02215008.pdf

Download (698kB)

Abstract

Parenting merupakan pengasuhan anak yang tidak hanya dilakukan oleh orangtua kandung melainkan orangtua seperti guru di SLB Putra Mandiri Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pengasuhan anak (parenting) terhadap ADHD. Metode penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan di kelas, wawancara, teknik observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Abraham Maslow tentang teori hierarki kebutuhan atau theory of human motivation, dari teori tersebut memiliki 5 kebutuhan dengan skema kebutuhan fisiologis, kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri. Peneliti lebih fokus ke teori keamanan dan teori kebutuhan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Enggar memiliki sifat tidak terkontrol, mudah tersinggung, tidak bisa fokus dan cara pengasuh anak (parenting) terhadap ADHD di SLB Putra Mandiri Surabaya seperti kegiatan keagamaan mengajarkan berpuasa, iqro dalam waktu 3 bulan baru naik iqro selanjutnya, membimbing untuk menghafal huruf hijaiyah, mengaji saat berwudhu hendak Shalat, mereka diajarkan terlebih dahulu, ketika shalat hanya di praktekkan gerakan Shalat saja, dan tidak boleh mengeluarkan suara saat Shalat duhur, karena mereka Anak Berkebutuhaan Khusus yang pastinya masih tahap belajar. Serta diimbangi ilmu pengetahuan tentang agama. Karena ADHD ini suatu gangguan neurobiologis di dalam otak yang dapat mengancam tumbuh jembang anak. Oleh sebab itu, pola asuh yang diterapkan orangtua maupun guru Enggar dengan cara sabar (konsisten dari waktu ke waktu) agar orangtua dan guru bisa memondasi anak dengan pengetahuan dan meningkatkan gizi makanan anak berkebutuhan khusus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Casablanca, Helen Juniarcasablancahelen@gmail.comE02215008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSetiyani, WiwikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRosyidah, Feryani UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > anak
Anak > Anak Penyandang Cacat
Uncontrolled Keywords: Parenting; Attention Deficit Hyperactivity Disorder; ADHD
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Casablanca Helen Juniar
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:42
Last Modified: 09 Aug 2019 06:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33843

Actions (login required)

View Item View Item