Penerapan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Jadid Sepande Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aprilliani, Novi Endah (2019) Penerapan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Jadid Sepande Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Endah Aprilliani_D98215065.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang meningkatnya kemampuan menyimak pada peserta didik kelompok B di Paud Nurul Jadid Sepande Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dari masih ada 3 anak yang kemampuan menyimaknya belum berkembang (BB) di karenakan anak belum mampu mengulang kalimat yang sudah di dengarnya, belum mampu menjawab pertanyaan guru dan belum mampu menceritakan kembali secara runtut. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan menyimak pada peserta didik kelompok B di Paud Nurul Jadid Sepande Sidoarjo? Dan Bagaimana penerapan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik kelompok B di Paud Nurul Jadid Sepande Sidoarjo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Penerapan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak mendapatkan nilai rata-rata 4 yang artinya sangat baik. 2) Peningkatan menyimak kelompok B PAUD Nurul Jadid mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 33,3%yang berarti belum mencapai seluruh indikator pencapaian. Pada siklus II ini memperoleh nilai rata-rata sebesar75,5% sehingga dari perolehan nilai rata-rata di siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yang berarti sudah mencapai seluruh indikator pencapaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aprilliani, Novi Endahnoviendah.nc97@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, ilunilunmuallifah@yahoo.comUNSPECIFIED
Thesis advisorsyafi'i, imamimamsyafii_amangku@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Uncontrolled Keywords: Menyimak; media AudioVisual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Aprilliani Novi Endah
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:32
Last Modified: 12 Aug 2019 02:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33822

Actions (login required)

View Item View Item