Pengolahan Jamur Tiram Untuk Pemuda Tuna Karya: upaya pendampingan pemuda tuna karya di dusun Japrang desa Jegulo kecamatan Soko kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalia, Amirul (2019) Pengolahan Jamur Tiram Untuk Pemuda Tuna Karya: upaya pendampingan pemuda tuna karya di dusun Japrang desa Jegulo kecamatan Soko kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amirul Amalia_B02215003.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi Progam Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Tujuan Penelitian adalah untuk mengkaji pendampingan yang dilakukan di Dusun Japrang Desa Jegulo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban yang memfokuskan pada pemuda yang berjumlah 25 pemuda yang belum memiliki pekerjaan melalui pelatihan pengolahan jamur tiram sebagai makanan jual tinggi berupa jamur crispy untuk menciptakan kemandirian ekonomi pemuda tuna karya. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Participatori action research (PAR). PAR merupakan pendekatan yang melibatkan secara aktif semua pihakpihak yang relevan dengan cara FGD, adapun untuk memperoleh data dengan cara wawancara, transek, mapping dengan masyarakat setempat, dan untuk pelatihan dengan cara aksi dengan pemuda secara langsung sehingga dapat mengkaji tindakan yang sedang berlangsung dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan ke arah yang lebih baik. Melalui kegiatan pendampingan dilakukan penyadaran terhadap asset dan kreatifitas yang dimiliki oleh pemuda. Apapun asset dan potensi yang dimiliki akan sangat berguna jika disadari dan dimanfaatkan dengan baik. Mulai dari menceritakan mudahnya budidaya jamur tiram sampai hasil keuntungan yang diperoleh dari penjualan jamur krispi. Hasil Penelitian pendampingan yang dilakukan adalah: pertama, mengetahui sebab dan akibat terjadinya pengangguran pada pemuda Dusun Japrang Desa Jegulo. Kedua, pemuda bisa belajar membuat jamur crispy sendiri dan belajar berwirausaha, memanfaatkan asset yang dimiliki. Ketiga, Menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Desa Jegulo khususnya dapat menguranggi pemuda tuna karya Dusun Japrang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalia, Amirulamirulamalia16@gmail.comB02215003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIED195509251991031001
Subjects: Pemberdayaan
Pengangguran
Wirausaha
Keywords: Pendampingan; Jamur Tiram; Pemuda Tuna Karya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Amalia Amirul
Date Deposited: 12 Aug 2019 03:16
Last Modified: 12 Aug 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33818

Actions (login required)

View Item View Item