Hubungan antara self control dengan kecenderungan Nomophobia (no mobile phone Phobia) pada Mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nadya Atikah (2019) Hubungan antara self control dengan kecenderungan Nomophobia (no mobile phone Phobia) pada Mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Atikah Putri_J71215131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan kecenderungan nomophobia pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah responden adalah 182 mahasiswa yang terdiri dari 60 mahasiswa laki-laki dan 122 mahasiswa perempuan dengan rentang usia 18-23 tahun. Skala yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu skala self control yang disusun berdasarkan aspek-aspek kontrol diri menurut Averill (1973) dan skala kecenderungan nomophobia yang disusun berdasarkan skala NMP-Q (Nomophobia Questionnaire) dari Yildirim (2014) yang diadaptasi oleh Novitasari (2018). Teknik analisa data menggunakan product moment dengan bantuan SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan negatif antara self control dengan kecenderungan nomophobia pada mahasiswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar -0.436 dan taraf signifkansi 0.000, Artinya semakin rendah self control maka semakin tinggi pula kecenderungan nomophobia pada mahasiswa pengguna smartphone, begitupun sebaliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nadya Atikahnadyaatikahputri@gmail.comJ71215131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorJainudin, JainudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masalah sosial
Psikologi
Psikologi > Kecemasan
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Putri Nadya Atikah
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:06
Last Modified: 09 Aug 2019 03:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33815

Actions (login required)

View Item View Item