Hubungan antara prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan PPKN dengan akhlak peserta didik di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Burhanudin, M. (2019) Hubungan antara prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan PPKN dengan akhlak peserta didik di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Burhanudin_D01215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh akhir-akhir ini banyak kejadian tentang perilaku peserta didik yang kurang sopan terhadap guru bahkan terkesan berani. Karena sekarang pendidikan sudah sangat berkembang untuk bidang akademik, tempat bimbingan belajar tersebar dimana-mana akan teteapi akhlak peserta didik sudah mulai merosot, padahal negara ini tidak hanya butuh orang pintar tapi juga berakhlak baik, Permasalahan penelitian ini adalah )1( Bagaimana prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan PPKN di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo? )2( Bagaimana akhlak peserta didik SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo? )3( Bagaimana hubungan antara prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan PPKN dengan akhlak peserta didik di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan PPKN dan untuk mengetahui akhlak peserta didik SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo serta untuk mengetahui hubungan antara prestasi pada mata pelajaran PAI dan PPKN dengan akhlak peserta didik di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP Al-Ahmad Krian tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability Sampling teknik ini memberikan kesempatan kepada semua peserta didik tanpa terkecuali, dengan jumlah sampel sebanyak 73 siswa. (1) Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan PKN di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo cukup karena terdapat pada interval 87 serta dilihat dengan adanya nilai rapot pada mata pelajaran PAI dan PKN yang semua nilainya sudah diatas KKM. (2) Akhlak peserta didik di SMP Al-Ahmad Krian Sidoarjo berada pada nilai interval 39 yang berarti sudah cukup. (3) serta hubungan antara prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan PPKN dengan akhlak peserta didik di SMP al-ahmad krian sidoarjo dari perhitungan nilai R(Korelasi) adalah 0,284 dan masuk pada interval nilai 0,20-0,399 dengan kriteria rendah, jadi dapat disimpulkan bahwa koefisien koelasinya rendah selanjutya menenukan koefisien determinasi korelasi yang diketahui dari nilai R Square yang di konversi menjadi prosentase 0,081 x 100% = 8,1%, jadi derajat hubungan antara variabel X (Prestasi belajar PAI dan PPKN) terhadap variabel Y (Akhlak peserta didik) adalah 8,1%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Burhanudin, M.Burhansinatra11@gmail.comD01215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubhan, FautiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMustofa, MustofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Prestasi Belajar
Psikologi Belajar
Perilaku
Keywords: Prestasi Belajar; Akhlak Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Burhanudin M.
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:00
Last Modified: 08 Aug 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33798

Actions (login required)

View Item View Item