Suluk jalan terabas Gus Miek untuk meraih kebahagiaan: studi terhadap Jemaah Dzikrul Ghofilin Gayungan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Muhammad Syaifudin (2019) Suluk jalan terabas Gus Miek untuk meraih kebahagiaan: studi terhadap Jemaah Dzikrul Ghofilin Gayungan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Syaifudin Zuhri_E97215025.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam menapaki jalan Tuhan, seseorang harus melalui sebuah jalan yang akan dilalui untuk menuju ke arah yang di tuju. Jalan itu adalah suluk, suluk sebagaimana dalam tarekat adalah sebuah jalan atau metode untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Pada masanya, suluk menjadi sebuah wadah penyatuan makhluk dengan rab-nya, seperti yang jalani seorang pengikut tarekat. Pada tulisan ini, akan termuat sebuah suluk yang dilakukan oleh seorang Gus Miek, suluk Gus Miek adalah melaku dalan terabas. Jalan terabas dimaksudkan adalah jalan yang mudah dijalani oleh siapa saja, yang menitik beratkan pada kemampuan diri untuk meraih sebuah tujuan mulia. Suluk jalan terabas, ajaran oleh Gus Miek sebagai pencetus dari pada Dzikrul Ghofilin, meskipun bukan tarekat sebagaiman umumnya. Suluk jalan terabas memiliki kedekatan dengan tradisi tarekat. Berkaitan dengan tarekat yang memiliki afiliasi amal dan doa. Peneliti menggali bagaimana suluk jalan terabas dan apa dampaknya kepada jemaah Dzikrul Ghofilin Gayungan Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan menggali sumber atau informasi dari jemaah Dzikrul Ghofilin Gayungan Surabaya sebagai objek penelitian. Berdasarkan penulisan disimpulkan bahwa suluk jalan terabas merupakan kombinasi amalan, xwirid, dan doa yang bersumber dari beberapa tokoh ulama besar, seperti ijazah fātihah dari KH. Dalhar Watucongol, mbah jogoreso gunung pring, mbah mas‘ud pager wojo, dan beberapa ulama’ yang dianggap waliyullah, seperti, KH. Hamid Pasuruan, Mubasyir Mundhir, KH. Ahmad Shidiq. Adapun dampak kepada jemaah Dzikrul Ghofilin antaranya adanya suatu ketenangan batin, dan juga perasaan senang, bahagia, serta semangat untuk berkehidupan serta ibadah yang di rasakan oleh jemaah Gayungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, Muhammad Syaifudinzuhri.ucandoit1997@gmail.comE97215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGhozi, GhoziUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorYazid, SyaifullohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam
Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zuhri Muhammad Syaifudin
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:41
Last Modified: 08 Aug 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33785

Actions (login required)

View Item View Item