Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi peserta didik dalam Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huzmi, Syafi'i (2019) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi peserta didik dalam Pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian. Undergraduate thesis, UINSA Surabaya.

[img] Text
Syafii Huzmi_D01215038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam mencapai suatu tujuan pendidikan, seseorang memerlukan sebuah motivasi atau dorongan. Motivasi merupakan sesuatu yang ada dalam diri seseorang, yang mendorong orang tersebut untuk bersikap dan bertindak guna mencapai suatu tujuan tertentu. Berdasarkan permasalahan itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian, 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian regresi. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yang diambil taraf kesalahan 10% dari 478 yaitu 45 peserta didik MTs Al Ihsan Krian. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk mengetahui motivasi belajar siswa, sedangkan variabel prestasi belajar Aqidah Akhlaq menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai Raport semester genap. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan analisis regresi satu predictor dengan bantuan SPSS version 16.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian dibuktikan dengan yaitu berada di rata-rata nilai 73% tergolong dalam interval nilai prosentasi 61%-80%, termasuk tergolong BAIK. (2)Prestasi belajar yang dimiliki oleh Peserta didik MTs Al Ihsan Krian dalam kategori baik, yaitu berada rata-rata 83% tergolong dalam interval nilai prosentase 81% - 100% yang berarti masuk dalam BAIKdan (3)Motivasi belajar berpengaruh terhdap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Al Ihsan Krian Tahun Pelajaran 2018/2019 diketahui bahwa kolom (sig) Motivasi bernilai 0,000 yang berarti signifikansinya < 0,05 maka dapat kita ambil kesimpulan : Ha diteima dan H0 ditolak, yang berarti Motivasi berpegaruh terhadap Prestasi belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huzmi, Syafi'ihuzmi808@gmail.comD01215038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHuzmi, Syafi'ihuzmi808@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Motivasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; Prestasi belajar; Aqidah Akhlaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Huzmi Syafi'i
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:44
Last Modified: 09 Aug 2019 03:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33765

Actions (login required)

View Item View Item