Sejarah dan perkembangan Gambus Misri sebagai kesenian Islam di Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Rahadian Masfuhah (2019) Sejarah dan perkembangan Gambus Misri sebagai kesenian Islam di Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahadian Masfuhah Devi_A92215114.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah dan Perkembangan Gambus Misri Sebagai kesenian Islam di Kabupaten Jombang” permasalahn yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi; (1) Bagaimana monografi Kabupaten Jombang dan sejarah kesenian Gambus Misri Di Kabupaten Jombang? (2) Bagaimana pertunjukan kesenian Gambus Misri di Kabupaten Jombang? (3) Bagaimana perkembangan dan nilai yang terkandung dalam kesenian Gambus Misri di Kabupaten Jombang?. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari tahap heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan diakronik yang bertujuan untuk berfikir secara kronologis menganalisa suatu kejadian yang diurutkan berdasarkan waktu kejadiannya. Sedangkan, landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori antropologi kognitif yang banyak dikembangkan oleh Ward. H. Goodenough. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Kabupaten Jombang memiliki penduduk mayoritas beragama Islam dengan kesenian tradisional yang mana kesenian tersebut identik dengan kalangan santri. Pada Gambus Misri yang menuangkan berbagai perpaduan seni musik, seni tari, pelakonan, lawakan dan religi, yang mana religi tersebut tertuang beberapa makna nasehat dan dakwah untuk mengajak kepada kebaikan. 2) Kesenian yang direvitalisasi oleh Mahasiswa STKIP PGRI Jombang sebagai upaya menghidupkan kembali kesenian yang telah mati ini. Ada beberapa upaya dan persiapan sebelum, saat dan setelah pementasan Gambus Misri. 3) Pasang surut Gambus Misri ini menimbulkan beberapa perubahan, diantaranya; perkembangan pemain, perkembangan alat musik, dan terdapat nilai yang terkandung di dalamnya seperti; perubahan nilai pemeran Gambus Misri dan alih teknologi tanpa merubah pakem dari Gambus Misri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Rahadian Masfuhahmasfuhahdevi@gmail.comA92215114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, MasyhudiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Gambus Misri
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Devi Rahadian Masfuhah
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:40
Last Modified: 13 Aug 2019 01:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33763

Actions (login required)

View Item View Item