Implementasi akad ijarah dan akad mukhabarah bagi petani tambak di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmawati, Putri Nur (2019) Implementasi akad ijarah dan akad mukhabarah bagi petani tambak di Desa Kalanganyar Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Nur Rakhmawati_G4215168y.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa kalanganyar merupakan desa dengan 2/3 wilayahnya merupakan wilayah tambak. dalam pengelolaan sebagian besar masyarakat tambaknya dikella oleh otang lain. Ada dua macam sistim pengelolaan yakni sistim sewa (ijarah) dan sistim bagi hasil pertanian (mukhabarah).Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan Ethnography Ekonomi. Yaitu penelitian dengan menggunakan pendekatan berdasarkan pada kebiasaan dan adat yang terjadi di Desa Kalanganyar. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan akad sewa dan bagi hasil yang dilakukan antara petani tambak dan pemilik tambak memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan akad ijarah adalah keuntungan yang didapatkan oleh petani menjadi milik petani seutuhnya. Sedangkan kelebihan mukhabarah adalah petani tidak perlu mengeluarkan biaya sewa kepada pemilik dan biaya lain seperti perbaikan lahan, pajak dan zakat menjadi tanggung jawab bersama. Namun, kelemahan dari akad sewa / ijarah ini adalah petani harus menyiapkan modal lebih selain modal bibit dan perawatan terdapat modal sewa. Dan seluruh biaya terkait pengelolaan lahan menjadi tanggung jawab penyewa. Adapun kelemahan akad kerja sama bagi hasil mukhabarah adalah kurang menguntungkan bagi petani karena keuntungan dibagi bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmawati, Putri Nurputrirakhmawati25@gmail.comG74215168
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad RoomUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bagi Hasil
Ekonomi Islam
Pertanian
Sewa
Keywords: Ijarah, Mukhabarah, Petani tambak.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rakhmawati Putri Nur
Date Deposited: 08 Aug 2019 03:43
Last Modified: 08 Aug 2019 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33760

Actions (login required)

View Item View Item