Pernikahan dini: studi Ma‘Ani Al Hadith dalam Sahih Muslim no. Indeks 1422 dengan pendekatan ilmu Psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursafari, Arba'a Zhuhri (2019) Pernikahan dini: studi Ma‘Ani Al Hadith dalam Sahih Muslim no. Indeks 1422 dengan pendekatan ilmu Psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arba’a Zhuhri Nursafari_E95215039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan merupakan sebuah sunnah Nabi SAW bagi seseorang yang sudah mampu untuk melaksanakannya. Keutamaan dari sebuah pernikahan adalah memiliki keturunan. Namun, pada akhir-akhir ini terdapat fenomena terkait pernikahan dini. Telah diketahui bahwa pernikahan yang dilakukan di bawah umur dapat mengganggu psikis seseorang terhadap kehidupannya, sebab kesiapan yang belum matang. Dari masalah ini, penulis merasa tertarik dan perlu untuk diteliti. Oleh karenanya, penelitan ini berjudu “Pernikahan Dini (Studi Ma‘ani al-Hadith dalam Sahih Muslim No. Indeks 1422 Dengan Pendekatan Psikologis). Terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini Pertama, bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis Nabi SAW tentang pernikahan dini, Kedua, bagaimana pemaknaan hadis Nabi SAW tekait pernikahan dini dalam kitab Sahih Muslim, Ketiga, bagaimana implikasi pernikahan dini dalam hadis Nabi SAW terhadap psikologi. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah menggunakan metode kepustakaan (library research). Untuk dapat mengetahui jawaban berdasarkan masalah dilakukanlah takhrij terhadap hadis untuk menganalisa sanad dan juga matannya, memaknai hadis tentang pernikahan dini, dan juga menggunakan pendekatan teori psikologi. Kesimpulan dari karya ilmiah ini adalah, hadis yang sedang diteliti adalah bersifat s{ahih li d{atihi, sehingga dapat diamalkan dan dijadikan hujjah. Pernikahan dini tidak dilarang, asalkan dapat memenuhi syarat-syarat pernikahan yang semestinya. Dalam keilmuan psikologi pernikahan dini berdampak pada kesehatan mental seseorang. Maka dari itu, sebaiknya pernikahan dilaksanakan pada usia yang telah matang, agar terjaga keharmonisan dalam berumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursafari, Arba'a Zhuhriliauwrie88@gmail.comE95215039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadi-UNSPECIFIED
Thesis advisorIchwayudi, Budi-UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Perkawinan
Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis; Nikah; Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Nursafari Arba'a Zhuhri
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:00
Last Modified: 07 Aug 2019 07:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33749

Actions (login required)

View Item View Item