Komodifikasi Agama Pada Hijrah Fest di Indonesia Ditinjau dari Teori Kapitalisme

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatillah, Yuni Putri (2019) Komodifikasi Agama Pada Hijrah Fest di Indonesia Ditinjau dari Teori Kapitalisme. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuni Putri Rohmatillah_E21215081.pdf

Download (546kB)

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang hijrah fest di Indonesia yang merupakan kajian anak muda milenial, dan sebagai wadah untuk mempersatukan dalam rangka saling menguatkan dalam sebuah ukhuwah Islamiah dan juga mempertemukan berbagai berbagai bergerakan Islam dari berbagai kalangan. Hijrah fest ini dikemas sedemikian rupa untuk menarik perhatian terutama para pemuda milenial, dengan mendatangkan ustaz ternama, artis yang telah hijrah, talk show, dsb. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk komodifikasi agama terhadap fenomena hijrah fest yang ada di Indonesia dan menganalisis dengan menggunakan teori kapitalisme. Metode dalam skripsi penelitian ini dikaji dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian pusta. Peneliti menemukan bahwa fenomena hijrah fest ini dilakukan oleh para artis yang sudah berhijrah, yang mempunyai semangat untuk memperdalam ilmu agama dengan mengajak seluruh masyarakat Indonesia melalui festival hijrah yang diselenggarakan di JCC. Namun dalam acara festival ini secara tidak langsung memanfaatkan momentum ini untuk mencari keuntungan diri sendiri dan orang lain, dengan adanya menghadirkan beberapa booth makanan, baju, hijab, dsb. Dimana sebuah acara yang bersifat religius dikemas sedemikian rupa untuk menghasilkan sebuah keuntungan dan membantu menambah pemasukan perekonomian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatillah, Yuni Putriyuniputri779@gmail.comE21215081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKasno, KasnoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Pendidikan
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Uncontrolled Keywords: Hijrah Fest; komodifikasi Agama; Kapitalisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Rohmatillah Yuni Putri
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:35
Last Modified: 06 Aug 2019 08:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33746

Actions (login required)

View Item View Item