Meme "Tuman" di Media Sosial: Analisis Semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asmiati, Puji (2019) Meme "Tuman" di Media Sosial: Analisis Semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puji Asmiati_E2125076.pdf

Download (14MB)

Abstract

Skripsi ini adalah.studi tentang fenomena meme yang disebarluaskan di media sosial seperti meme tuman. Meme tuman adalah sebuah meme yang digambarkan dua orang berkepala plontos yang menampar orang plontos lainnya dengan tersenyum tanpa bersalah sedikitpun, akhir-akhir ini meme tersebut sedang ramai diperbincangkan di media sosial karena dalam meme tersebut terdapat sebuah sindiran bagi seseorang ketika melakukan perbuatan yang kurang menguntungkan, tentang seseorang yang banyak maunya, memanfaatkan orang lain yang dapat merugikan orang lain, yang disertai dengan kalimat tuman. Dalam penelitian ini, peneliti akan meneliti tentang meme dan bagaimana sejarahnya, serta mengaitkan meme tuman dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes, salah satu tokoh dalam.kajian bahasa, sastra, budaya dan media.yang mengkaji.mengenai sebuah tanda. Peneliti juga menggunakan pendekatan kualitatif atau menggunakan metode kepustakaan yang mengkaji buku-buku dan literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang ingin diteliti, khususnya teori yang membahas semiotika Roland Barthes. Hasil dari analisis meme tuman menggunakan teori semiotika Roland Barthes, yang mana terdapat beberapa makna yaitu: tentang tanda, penanda dan petanda meme dan tiga makna, pertama, makna denotasi atau makna asli, yaitu untuk mengingatkan seseorang. Kedua, makna konotasi atau makna kiasan, yang terdapat dalam meme tersebut adalah terdapat suatu pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain dengan tujuan menyindir dan mengkritik, dengan menggunakan humor bekala. Ketiga, makna mitos yang ada pada meme tersebut adalah tentang konvensi tata nilai menegor dengan menggunakan guyonan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asmiati, Pujipujiazmiati10@gmail.comE21215076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Syamsulpujiazmiati@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorMahzumi, FikriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Meme, Semiotika Roland Barthes
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Asmiati Puji
Date Deposited: 07 Aug 2019 03:35
Last Modified: 07 Aug 2019 03:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33745

Actions (login required)

View Item View Item