Penerapan media pembelajaran Quipper School untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada Aljabar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sadida, Eky Karimatun Nisa (2019) Penerapan media pembelajaran Quipper School untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada Aljabar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eky Karimatun Nisa Sadida_D74212068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman dan salah menafsirkan sesuatu. Hal ini disebabkan oleh teori dasar yang tidak sesuai dengan penalaran rasional siswa. Untuk mengatasi miskonsepsi tersebut, dapat diterapkan media pembelajaran berbasis Learning Management System (LMS). Quipper School merupakan media pembelajaran berbasis LMS yang dapat menunjang proses aktifitas pembelajaran matematika. Sehingga Quipper School dapat digunakan sebagai sarana dan aktifitas proses belajar untuk mengatasi miskonsepsi .Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan miskonsepsi pada materi aljabar yang dialami siswa sebelum diterapkan Quipper School. Selanjutnya untuk mengetahui keberhasilan penerapan Quipper School untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi aljabar. Jenis penelitian ini yaitu adalah penelitian campuran dengan desain penelitian the one group pretest posttest design dengan subyek siswa kelas VII-C SMP Negeri 25 Surabaya tahun ajaran 2018/2019. Data dikumpulkan dengan cara memberikan tes diagnosis miskonsepsi siswa pada materi aljabar. Data berupa hasil diagnosis miskonsepsi, dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami siswa dan seberapa besar siswa yang mengalami miskonsepsi tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan analisis menggunakan uji Mc-Nemar untuk mengetahui keberhasilan penerapan Quipper School untuk mengatasi miskonsepsi siswa. Hasilnya, sebelum menggunakan media pembelajaran Quipper School, 10% siswa mengalami miskonsepsi aturan (menyederhanakan bentuk pangkat). 30% siswa mengalami miskonsepsi pengertian huruf (mengabaikan keberadaan variabel), 57,5% siswa mengalami miskonsepsi notasi (mengabaikan tanda kurung) dan miskonsepsi aturan (mengabaikan tanda ketika memanipulasi bentuk aljabar), 60% siswa mengalami miskonsepsi tentang generalisasi (ketidakmampuan memfaktorkan). serta 77,5% siswa mengalami miskonsepsi tentang generalisasi (ketidakmampuan menyederhanakan karena kurangnya pemahaman tentang operasi aritmatika). Kemudian, berdasarkan analisis menggunakan uji Mc-Nemar, media pembelajaran Quipper School dinyatakan berhasil untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada materi aljabar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sadida, Eky Karimatun Nisariima94niisa@gmail.comD74212068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Media
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Aljabar; LMS; Quipper School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sadida Eky Kerimatun Nisa
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:07
Last Modified: 13 Aug 2019 02:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33744

Actions (login required)

View Item View Item