Learning Community Sebagai Pendidikan Alternatif Di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmansyah, Edwin (2019) Learning Community Sebagai Pendidikan Alternatif Di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edwin Firmansyah_F02317072.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pemahaman atau persepsi tentang pelaksanaan Learning Community sebagai pendidikan alternatif di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo tentang: (1) Pelaksanaan Learning Community, (2) Target, (3) Faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan menggunakan penulisan yang unik. Subyek penelitian adalah pendiri dan pengajar atau pengurus Kampoeng Sinaoe Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan: (1) riset kepustakaan, (2) teknik dokumentasi, (3) riset lapangan dengan cara (a) observasi partisipasi, (b) wawancara, dan (c) studi kasus. Teknik sampling dilakukan dengan purposive dan snowball sampling. Keabsahan hasil penelitian dilakukan dengan validitasi dan reabilitas. Metode analisis data dilakukan dengan cara: (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Pelaksanaan Learning Community sebagai pendidikan alternatif di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo, yang meliputi (a) proses pelaksanaan, yang digambarkan bahwasannya pelaksanaan Learning Community ada tiga hal yaitu Learning Community pada kursus dan bimbel (bimbingan belajar), Learning Community komunitas, Learning Community pelatihan. Yang semua hal itu saling berhubungan dan ada keterkaitan satu sama lain dengan satu tujuan yang sama. (b) pengelolaan program, yang diartikan sebagai proses pendayagunaan seluruh komponen yang saling berinteraksi (sumber daya pengajaran) untuk mecapai tujuan program kegiatan baik program pembelajaran maupun program komunitas. 2) Target dari pelaksanaan Learning Community sebagai pendidikan alternatif di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo, yang meliputi (a) target akademik, peningkatan pemahaman dan pengetahuan siswa. (b) target non akademik, yaitu pemberdayaan masyarakat dan peningkatan soft skill. 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Learning Community sebagai pendidikan alternatif di Kampoeng Sinaoe Sidoarjo, antara lain (a) faktor pendukung yaitu iklim sosial yang mendukung terciptanya Learning Community seperti kondisi lingkungan dan dukukngan masyarakat sekitar. (b) faktor penghambat yaitu kurangnya komitmen siswa dan juga kurangnya dukungan orang tua dalam memahami visi dan misi Kampoeng Sinaoe Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmansyah, EdwinEdwin.firmansyah8@gmail.comF02317072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
AuthorAsrohah, HanunEdwin.Firmansyah8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Learning Community ; Pendidikan Alternatif
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firmansyah Edwin
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:59
Last Modified: 09 Aug 2019 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33724

Actions (login required)

View Item View Item