Peran lembaga badan pembinaan ideologi Pancasila (BPIP) dalam pembinaan ideologi Pancasila ditinjau dari konsep Maslahah Mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmala, Kurnia (2019) Peran lembaga badan pembinaan ideologi Pancasila (BPIP) dalam pembinaan ideologi Pancasila ditinjau dari konsep Maslahah Mursalah. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kurnia Fatmala_C95215055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Peran Lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Ditinjau dari Konsep Maslahah Mursalah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran dari lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam pembinaan ideologi Pncasila, dan bagaimana analisis konsep maslahah mursalah terhadap peran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam prmbinaan Ideologi pancasila. Untuk data penelitian ini merupakan penelitian Library Riset (Penelitian Pustaka) dengan menggunakan menggunakan metode desskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui membaca perpres nomor 7 tahun 2018, buku tentang ideologi pancasila dan bagaimana pembinaannya, dan juga membaca perihal lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mulai dari dasar hukum, struktur dan juga program-program kerjanya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, BPIP adalah lembaga yang membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dengan begitu peran dari lembaga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) begitu dibutuhkan oleh Negara, karena mengingat Negara Indonesia negara memiliki ideologi pancasila. Dengan adanya tugas dan fungsi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu sendiri, nyatanya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu mampu melaksanakan tugasnya dengan berbagai upaya dan program kerja yang telah digagas dan dikerjakan, dengan begitu Dewan Pengarah dan para jajarannya berhak atas tunjangan yang telah diterima. Dan jika ditinjau dari konsep maslahah mursalah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini sudah memenuhi syarat-syarat dalam penerapan konsep maslahah mursalah. Karena dapat disimpulkan bahwa Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini yang dibentuk oleh presiden ialah lembaga yang baik, lembaga yang dapat memberikan sumbangsi kepada presiden dan pemerintah dalam melindungi ideologi, dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Hanya saja sampai saat ini banyak masyarakat Indonesia yang kurang tau dan kurang tersentuh oleh peran dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Berdasarkan kesimpulan diatas, seharusnya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mampu menjadi lebih baik lagi dalam menjalankan perannya dengan menjalankan program-program kerjanya. Agar tidak terjadi kesalahpahaman sosial dimasyarakat perihal pembentukan dan peran dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmala, Kurniakurnia.fatmawel@gmail.comC95215055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSukamto, SukamtoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum Tata Negara
Uncontrolled Keywords: Lembaga badan pembinaan ideologi Pancasila (BPIP); pembinaan ideologi Pancasila
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Fatmala Kurnia
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:50
Last Modified: 07 Aug 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33718

Actions (login required)

View Item View Item