Peningkatan kemampuan berbicara melalui media kartu bergambar pada siswa kelompok B TK terpadu Biturrahman Gedangan Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Siti (2019) Peningkatan kemampuan berbicara melalui media kartu bergambar pada siswa kelompok B TK terpadu Biturrahman Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Choiriyah_D98215069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara siswa seperti anak terbata-bata ketika menjawab pertanyaan dari guru dan siswa kurang terampil berbicara. dikarenakan faktor: lingkungan tempat tinggal siswa, siswa kurang bisa menggunakan bahasa baku, dan setiap nhari masih menggunakan bahasa jawa. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa, mendiskripsikan penerapan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa, dan mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui media kartu bergambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus 1 dan silklus 2. Pada siklus 1 dan siklus 2 terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan non tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) penerapan media kartu bergambar telah berhasil terbukti. Hal ini dapat dilihat pada hasil penilaian observasi aktivitas guru dan siswa selama siklus 1 dan siklus 2. Penilaian observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 79,93 dan siklus 2 sebesar 95,2. Perolehan penilaian observasi siswa pada siklus 1 mendapatkan nilai sebesar 72,5 dan siklus 2 sebesar 86,2. 2) Adanya media kartu bergambar digunakan selama proses pembelajaran, hasil presentase ketuntasan belajar anak dalam mengembangkan kemampuan berbicara mendapatkan nilai dengan kategori baik. Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 sebesar 33,3% dan siklus 2 sebesar 80%. Sedangkan dalam perolehan nilai rata-rata kelas siklus 1 sebesar 67,18 dan siklus 2 sebesar 76,64.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, SitiChoiroir345@gmail.comD98215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, SulthonUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Keywords: Kemampuan Berbicara; Media Kartu Bergambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Choiriyah Siti
Date Deposited: 08 Aug 2019 01:44
Last Modified: 08 Aug 2019 01:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33712

Actions (login required)

View Item View Item