Penafsiran tentang Tawasul dalam Tafsir al Iklil fi Ma'ani al Tanzil Karya K.H Misbah bin Zaenal Musthafa: analisis penafsiran Surat al-Maidah ayat 35

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aninnas, Dwin Afina (2019) Penafsiran tentang Tawasul dalam Tafsir al Iklil fi Ma'ani al Tanzil Karya K.H Misbah bin Zaenal Musthafa: analisis penafsiran Surat al-Maidah ayat 35. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwin Afina Aninnas_E93215063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam khazanah keilmuan Islam terutama dalam bidang tafsir, banyak sekali mufasir yang telah membuat karya penafsiran Alquran. Salah satunya adalah K.H. Misbah bin Zaenal Musthafa, dengan karya yang fenomenal, yaitu Tafsir al-Iklil fi Ma’ani al-Tanzil. Kitab tafsir ini berbeda dengan karya mufasir lain, kekhasan dari karakter lokal yang sangat kuat dan dipengaruhi oleh kondisi masyarakat pada waktu itu, serta ketegasannya dalam menafsirkan suatu ayat. Penelitian ini berusaha untuk menemukan bagaimana penafsiran Mbah Misbah dalam persoalan tawasul pada surat al-Maidah ayat 35 dan bagaimana pendekatan Mbah Misbah dalam menafsirkan suatu ayat. Penilitian ini disusun sistematis dengan menggunakan model kualitatif dengan jenis penelitian library research, dimana segala sumber data didapat dari perpustakaan, disertai dengan melakukan wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menemukan bahwa tawasul menurut Mbah Misbah adalah amal taat yang dilakukan seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.Dalam penafsiranya Mbah Misbah menekankan contoh kasus ziarah kubur sebagai wasilah yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Dalam menafsirkan makna tawasul Mbah Misbah menggunakan pendapatnya sendiri, namun ketika menguraikan penjelasan amalan ziarah kubur, ia merujuk kepada pendapat mufassir lain, dalil, hadis untuk memperkuat penafsirannya. Pendekatan teori yang digunakan oleh Mbah Misbah dalam kitab tafsirnya adalah teori munasabah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aninnas, Dwin AfinaDwinAfina@gmail.comE93215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorChozin, Fadjrul HakamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSucipto, M. HadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Budaya
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Tawasul; K.H Misbahbin Zaenal Musthafa; Tafsir al Iklil fi Ma’ani al Tanzil
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aninnas Dwin Afina
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:31
Last Modified: 07 Aug 2019 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33698

Actions (login required)

View Item View Item