Dampak Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Desa Modopuro Mojosari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Faiq Khoridatul (2019) Dampak Game Online Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja Di Desa Modopuro Mojosari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiq Khoridatul Izza_E02215006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah berkaitan dengan dampak game online terhdap perilaku keagamaan remaja. Fokus dalam penelitian ini adalah dampak game online terhadap perilaku keagamaan remaja di Desa Modopuro. Karena penggunaan gamemelalui handphone oleh remaja di Desa Modopuro Mojosari semakin meningkat, hal tersebut terlihat dari ketika bermain game banyak remaja yang lupa waktu, itu berdampak pada menurunnya kedisiplinan remaja terutama dalamn hal beribadah serta kewajiban mereka sebagai pelajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada subyek penelitian observasi dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat keadaan yang bersangkutan dengan subyek penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori C.Y. Glock dan Rodney Strak tentang perilaku keagamaan. Hasil penelitian diketahui bahwa game online berdampak pada perilaku keagamaan remaja di Desa Modopuro Mojosari. Dalam penelitian ini lebih fokus pada perilaku seseorang yang didasari pada dimensi keyakinan yang menyangkut pada keyakinan seseorang terhadap ajaran agamanya serta dimensi keyakinan ini erat kaitannya sama keyakinan seseorang, dimensi peribadatan (ritualistic)dimensi ini yaitu mengarah pada pengalaman-pengalaman ibadah khususnya, supaya mengetahui sejauh mana rutinitas seseorang dalam melaksanakan ibadah-ibadah yang sudah ditetapkan dalam agamanya, dimensi konsekuensial (penerapan) yaitu berkaitan dengan tingkatan seseorang dalam berperilaku sesuai dengan ajaran agamanya. Banyak perilaku keagamaan remaja desa Modopuro tidak sesuai dengan ajaran agamanya karena sudah terpengaruh dengan game online tersebut. Seperti melalaikan ibadah shalat 5 waktu, berbohong kepada orang tua, berkata yang tidak sopan, kurangnya bersosialisasi dengan tetangga sekitar. Orangtua juga tidak mendukung adanya game online ini karena game tersebut membawa dampak negatif. Oleh karena itu, remaja lebih selektif dalam memilih dan memilah game online, serta para orangtua sebaiknya membatasi dalam penggunaan handphone.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, Faiq Khoridatulfaick.izza@gmail.comE02215006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, Wiwikwiwiksetiyani@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorArifin, Zainulzen.arifin56@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Keywords: Geme Online; Perilaku Remaja; Keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Izza Faiq Khoridatul
Date Deposited: 07 Aug 2019 04:10
Last Modified: 07 Aug 2019 04:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33692

Actions (login required)

View Item View Item