Membangun Karakter Masyarakat untuk Cinta dan Peduli Lingkungan di Desa Medalem Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'diyah, Nur Izzah Salamatus (2019) Membangun Karakter Masyarakat untuk Cinta dan Peduli Lingkungan di Desa Medalem Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Izzah Salamatus Sya'diyah_B02215015.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, dengan melakukan pendidikan dan kampanye kepada masyarakat untuk mengurangi sampah di Desa Medalem. Adapun fokus masalah yang dirumusakan diantaranya: 1) Bagaimanakah sikap masyarakat terhadap lingkungan di Desa Medalem Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan?, 2) Bagaimanakah strategi dalam membangun kesadaran masyarakat untuk cinta dan peduli terhadap lingkungan di desa Medalem kecamatan Modo kabupaten Lamongan?, 3) Bagaiamana hasil proses dalam membangun kesadaran masyarakat untuk cinta dan peduli terhadap lingkungan di desa Medalem kecamatan Modo kabupaten Lamongan?
Dalam pendampingan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Participatory Action Research (PAR). Metode penelitian ini berfokus pada partisipasi masyarakat, riset dan aksi yang dilakukan. Penggunaan metode PAR ini dirancang untuk mendapatkan suatu perubahan dalam setiap prosesnya. Dalam penelitian ini langkah pertama yang dilakukan peneliti dengan melakukan kampanye penyadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya sikap peduli lingkungan, langkah kedua membuat komunitas peduli lingkungan di masyarakat, serta membuat kebijkan terkait linkungan di desa Medalem, langkah ketiga yakni membuat kebijakan terkait lingkungan bersama pihak desa.
Strategi pendampingan yang digunakan adalah 1) Memberikan pengetahuan mengenai pentingnya sikap peduli lingkungan, 2) Membentuk komunitas peduli lingkungan dimasyarakat, 3) Membuat Kebijakan terkait lingkungan di Desa Medalem, 4) Mengoptimalisasi sikap ramah lingkungan pada diri masyarakat.
Hasil pengorganisasian masyarakat dapat dilihat melalui adanya perubahan dimasyarakat, diantaranya: 1) Hasil dari proses pendampingan kepada masayrakat adalah sikap masyarakat yang sebelum kurang memeperhatikan lingkungan sekitar menjadi lebih peduli danperhatian terhadap lingkungan sekitar., 2) masyarakat sudah memiliki komunitas dan mulai menjalan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan cinta lingkungan, dan 3) masyarakat sudah mulai mengurangi penggunaan sampah plastic dan mengurangi membakar sampah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'diyah, Nur Izzah Salamatusnurizzah420@gmail.comB02215015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorRahmawati, Pudjinurizzah420@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Orang tua dan Anak
Uncontrolled Keywords: Pendampingan masyarakat, Peduli Lingkungan, karakter.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sya'diyah Nur Izzah Salamatus
Date Deposited: 06 Aug 2019 08:30
Last Modified: 06 Aug 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33687

Actions (login required)

View Item View Item