Pengaruh model pembelajaran PDEODE (Predict – Discuss – Explain – Observe – Discuss – Explain) terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari Self Concept

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Halimatus (2019) Pengaruh model pembelajaran PDEODE (Predict – Discuss – Explain – Observe – Discuss – Explain) terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari Self Concept. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sa'adah_D04214006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penalaran matematika adalah proses pengambilan kesimpulan berdasarkan sejumlah fakta-fakta yang ada melalui pemikiran logis dan kritis dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan penalaran agar siswa dapat mengembangkan konsep – konsep yang telah dipelajari. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self concept positif maupun negatif dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PDEODE terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang dimiliki self concept positif maupun negatif. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian preexperimental. Sampel penelitian diperoleh dari 1 kelas yang diambil secara acak dan dibagi berdasarkan self concept siswa yakni self concept positif dan negatif. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan meliputi tes angket self concept siswa untuk membagi kelompok siswa serta tes awal dan akhir kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self concept negatif dapat memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis dari empat indikator sedangkan siswa yang memiliki self concept positif dapat memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis. Pembelajaran menggunakan model PDEODE mempunyai pengaruh yang besar serta berpeluang memberikan pengaruh yang positif berupa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang memiliki self concept negatif maupun siswa yang memiliki self concept positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Halimatusisimacay@gmail.comD04214006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis; Model Pembelajaran PDEODE; Self Concept
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sa’adah Halimatus
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:49
Last Modified: 06 Aug 2019 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33681

Actions (login required)

View Item View Item