Implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam literasi Al-Qur'an dan problematikanya bagi siswa kelas 2 SMP Negeri 2 Tembelang Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyid, Amiruddin (2019) Implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam literasi Al-Qur'an dan problematikanya bagi siswa kelas 2 SMP Negeri 2 Tembelang Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amiruddin Rosyid_D91215088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian adalah mengenai peran mata pelajaran PAI sebagai pedoman serta dasar terhadap tercapainya tujuan pendidikan, yaitu terciptanya keseimbangan dalam pribadi manusia dengan terlaksananya pengabdian penuh kepada Allah SWT, dalam hal ini adalah literasi Al-Qur’an siswa. Realita saat ini, sekolah menengah pertama yang memiliki jadwal pembelajaran yang padat apabila siswa tidak memiliki prinsip serta dasar beragama yang kuat, maka terjadilah siswa tersebut hanya fokus terhadap mata pelajaran umum yang ia tekuni. Literasi Al-Qur’an adalah skill yang dibutuhkan oleh siswa sehingga selain mendapat pengetahuan umum yang mumpuni, siswa dapat menjaga prinsip-prinsip baik dalam beragama melalui literasi Al-Qur’an yang dilaksanakan secara continue. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diajarkan guru PAI didalam kelas mampu menjadi dasar serta pedoman, sehingga setiap aspek warga sekolah dapat mengimplementasikan dalam pembelajaran maupun kegiatan sekolah yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan literasi Al-Qur’an mereka, mengidentifikasi literasi Al-Qur’an siswa dan problematika siswa dalam mengembangkan literasi Al-Qur’an mereka. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan metode analisis data melalui proses data reduction, data display dan conclusion drawing / verification. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai dasar serta pedoman dalam literasi Al-Qur’an siswa melalui pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh guru PAI maupun staff sekolah dengan melakukan konseling, nasehat, pendekatan psikologis, mengadakan rutinan-rutinan mengaji Al-Qur’an, membiasakan siswa dekat dengan Al-Qur’an, melatih pelaksanaan ibadah, dan menindak lanjuti dengan pemantauan. 2) Literasi Al-Qur’an siswa dapat dilihat dari baca’an Al-Qur’an siswa, tulisan Al-Qur’an siswa, minat mendengarkan Al-Qur’an siswa, serta pengamalan Al-Qur’an yang tergambar dalam keseharian siswa. 3) sedangkan problem-problem yang mengganggu literasi Al-Qur’an siswa sebagian besar berasal dari lingkungan tempat tinggal siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyid, Amiruddinamir.rosyid.ar7@Gmail.comD91215088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubhan, FautiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMustofa, MustofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Qira'ah
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi; mata pelajaran; literasi Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosyid Amiruddin
Date Deposited: 09 Aug 2019 02:09
Last Modified: 09 Aug 2019 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33678

Actions (login required)

View Item View Item