Makna Cadar bagi mahasiswi bercadar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijayanti, Umi Salamah (2019) Makna Cadar bagi mahasiswi bercadar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Salamah Wijayanti_E02215024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemakaian cadar saat ini sedang menjadi trend dikalangan wanita muslimah, termasuk dikalangan mahasiswi muslimah. Fenomena ini juga mulai menggejala di UIN Sunan Ampel Surabaya, sekalipun jumlah mereka relatif kecil jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan mahasiswi. Penelitian ini hendak melihat fenomena mahasiswi bercadar di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya, terutama terfokus pada tiga hal yaitu aktivitas keagamaan, hubungan sosial dan makna cadar bagi mereka. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih tujuh bulan dengan mencapai sebanyak tujuh mahasiswi bercadar dan tiga mahasiswi tak bercadar yang mengetahui aktivitas mereka. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini menemukan aktivitas keagamaan bagi mereka yaitu aktivitas yang bersifat personal dan juga aktivitas yang bersifat sosial. Aktivitas yang bersifat personal mereka melakukan ibadah ritual seperti ibadah sholat sunnah, puasa sunnah, dan membaca al qur’an. Aktivitas yang bersifat sosial yaitu mereka mengikuti berbagai macam organisasi, mengikuti kajian-kajian rutin di berbagai masjid seperti di masjid Baitul Haq, Masjid Jami’ Makkah dan Juga Masjid Al Amin Surabaya. Aktivitas keagamaan yang dilakukan mahasiswi bercadar semata-mata untuk mengembangkan pikiran dan potensi diri yang dimilikinya. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa hubungan sosial mereka di lingkungan sekitar akan terjalin baik jika mereka memiliki cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. namun mereka memiliki cara yang berbeda dalam berkomunikasi. Seperti terlihat bahwa cara berkomunikasi mereka berbeda dengan yang lain. mereka memiliki keterbatasan jika berinteraksi dengan lawan jenis, tetapi ketika mereka berinteraksi dengan sesama perempuan mereka akan terlihat lebih nyaman dan terbuka. Penelitian ini juga menemukan bahwa cadar bagi mereka tidak semata-mata model fashion, tapi yang terpenting adalah mereka menyakini cadar sebagai kewajiban bagi muslimah dalam berpakaian. Disamping itu, mereka juga nyaman karena cadar berfungsi untuk melindunginya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijayanti, Umi Salamahwijayantisalamah@gmail.comE02215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama

Sosiologi
Keywords: Makna Cadar; Hubungan Sosial; Aktivitas Keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Wijayanti Umi Salamah
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:09
Last Modified: 06 Aug 2019 02:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33674

Actions (login required)

View Item View Item