Efektivitas manajemen kelas dalam proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Hasyim Asy'ari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masithoh, Andan dewi (2019) Efektivitas manajemen kelas dalam proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Hasyim Asy'ari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andan Dewi Masithoh_D91215089.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh manajemen kelas yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran masih belum menjadikan siswa focus dalam proses pembelajaran ,karena masih ada siswa bermain sendiri ketika pembelajaran. Proses pembelajaran dipengaruhi beberapa factor yaitu faktor internal maupun eksternal, salah satunya lingkungan atau keadaan lingkungan yang mendukung, seperti manajemen kelas. Permasalahan penelitian ini adalah 1.Bagaimana penerapan manajemen kelas di MA Hasyim Asy’ari? 2. Bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran akidah akhlaq di MA Hasyim Asy’ari? 3. Bagaimana efektifitas manajemen kelas terhadap proses pembelajaran mata pelajaran akidah akhlaq di MA Hasyim Asy’ari? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA,XI IPS,X IPA di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel secara acak , dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan manajemen kelas MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari data angket terdapat pada rentang 53 - 54 dengan prosentase 3 %. (2) proses pembelajaran di MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo dikategorikan baik. Hal ini berdasarkan dari data angket terdapat pada rentang 52 - 54 dengan prosentase 5 %. (3) serta hubungan efektivitas manajemen kelas dalam proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MA Hasyim Asy’ari Sukodono Sidoarjo dinyatakan adanya hubungan positif. Hal ini dengan terbuktinya diterimanya Hipotesis Kerja (Ha) dan di tolaknya (Ho) dengan nilai rxy sebesar 0,6768. r = 0.215. koefisien determinasinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masithoh, Andan dewidinndan085@gmail.comD91215089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorJazil, SyaifulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Guru
Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Masithoh Andan Dewi
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:32
Last Modified: 08 Aug 2019 02:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33668

Actions (login required)

View Item View Item