Pengorganisasian Mualaf Untuk Melepaskan Keterbelengguan Dari Kemualafan Melalui Masjid Di Dusun Kapuas Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umam, Muhammad Roisul (2019) Pengorganisasian Mualaf Untuk Melepaskan Keterbelengguan Dari Kemualafan Melalui Masjid Di Dusun Kapuas Desa Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Roisul Umam_B52215035.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pengembangan Web-Based Assessment Untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Surabaya Penelitian skripsi ini fokus pada pengorganisasian komunitas mualaf yang memiliki problem keterbelengguan pada kemualafan. Konversi agama di Kalimantan Barat terus terjadi, untuk Dusun Kapuas saja ada 36 ibu-ibu mualaf, sehingga percontohan pemberdayaan mualaf dengan konsep pengorganisasian perlu kiranya dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses keterbelengguan itu terjadi, serta mengetahui tiap proses pengorganisasian yang dapat memberdayakan, dan mengetahui relevansi pengorganisasian mualaf dengan prinsip dakwah yang dikembangakan di prodi pengembangan masyarakat islam dalam memecahkan suatu problem sosial. Penelitian ini menggunakan metodelogi Partisipatory Action Research (PAR) yang selalu menghubungkan antara partisipasi, riset, dan aksi. Komunitas mualaf dan stakeholder dijadikan subjek/aktor perubahan, karena penelitian dilakukan oleh, dari, untuk komunitas mualaf, dengan konsep partisipasi dan kerjasama tim yang baik. Sehingga dari proses pemetaan, penyusunan masalah dan harapan, aksi, hingga monitoring evaluasi dilakukan bersama-sama. Adapun dalam proses penggalian data penelitian menggunaka teknik – teknik yang termuat dalam metode Participatory Rural Appraisal (PRA).Hasil dari pengorganisasian mualaf dalam melepaskan keterbelengguan pada kemualafan yaitu adanya pemberdayaan kelompok mualaf Dusun Kapuas yang direkonstruksikan dalam bentuk pendidikan keislaman bagi mereka, kemudian terbentuknya struktur kelompok yang kuat dalam hal ini terbentuknya kelompok jamaah/mualaf PERMATA Al Karimah, meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang dalam hal ini diadakannya program pelatihan keterampilan bertani sayuran bagi kelompok mualaf. Selain itu, advokasi kebijakan/norma pengorganisasian dan terbentuk regulasi dan implementasi kebijakan yang diantaranya ada pelatihan bertani sayur dan gerakan infaq beras oleh KBSS yang beranggotakan remaja masjid dan geng motor Sekadau untuk mendukung pemenuhan kebutuhan pokok mualaf/warga yang dhuafa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umam, Muhammad Roisulroisptk1306@gmail.comB52215035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorUmam, Muhammad Roisulroisptk1306@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Masjid
Sosiologi > Sosiologi Agama
Keywords: Keterbelengguan Mualaf, ; Pengorganisasian, Lingkungan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Umam Muhammad Roisul
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:27
Last Modified: 09 Aug 2019 07:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33664

Actions (login required)

View Item View Item