Studi Komparasi Kecerdasan Emosional Mahasiswa yang Berpengalaman Mengajar di TPQ/TPA dan yang Tidak Memilikinya pada Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabiilah, Zayyin (2019) Studi Komparasi Kecerdasan Emosional Mahasiswa yang Berpengalaman Mengajar di TPQ/TPA dan yang Tidak Memilikinya pada Prodi PAI FTK UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zayyin Nabiilah_D91215114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini memfokuskan pada maksud dan tujuan 1) bagaimana kecerdesan emosional mahasiswa yang memiliki pengalaman mengajar di TPQ/TPA, 2) bagaimana kecerdasan emosional mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman mengajar di TPQ/TPA, 3) bagaimana perbedaan kecerdasan emosional yang dimiliki mahasiswa yang memiliki pengalaman mengajar di TPQ/TPA dan yang tidak memilikinya. Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI angkatan 2015 yang berpengalaman mengajar sebanyak 33 mahasiswa dan yang tidak berpengalaman mengajar sebanyak 41 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Data yang telah dikumpulkan, dianalisis sehingga memperoleh simpulan sebagai berikut: 1) Kecerdasan emosional mahasiswa yang berpengalaman mengajar di taman pendidikan al-Qur’an termasuk dalam kategori sangat baik dengan prosentase 52%, dan 48% baik, 2) Kecerdasan emosional mahasiswa yang tidak berpengalaman mengajar di taman pendidikan al-Qur’an termasuk dalam kategori baik dengan prosentase 72%, dan 28% sangat baik. 3) Terdapat perbedaan antara kecerdasan emosional mahasiswa yang berpengalaman mengajar di TPQ/TPA dengan yang tidak. Perbedaan ini ditunjukkan dengan harga t hitung sebesar 1,6853 sedangkan t tabel sebesar 1,66629. Sedangkan kriteria untuk hipotesisnya adalah apabila hasil uji t ≥ t tabel maka Ho ditolak, sedangkan apabila hasil uji t < t tabel maka Ho diterima. Dikarenakan 1,6853 lebih besar dari 1,66629, maka H0 ditolak. Adanya perbedaan ini kurang signifikan, karena jarak antara t hitung dan t tabel relatif dekat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabiilah, Zayyinzayyinabila@gmail.comD91215114
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAbitolkha, Amir MalikiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorAziz, YahyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional; Pengalaman Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nabiilah Zayyin
Date Deposited: 09 Aug 2019 01:58
Last Modified: 09 Aug 2019 01:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33659

Actions (login required)

View Item View Item