Implementasi model pembelajaran sentra dalam kemandirian anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanum, Ummu Khoiriyah (2019) Implementasi model pembelajaran sentra dalam kemandirian anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Khoiriyah Hanum_D98215046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh baiknya kemandirian anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 13 Surabaya daripada kemandirian anak yang lain. Secara umum anak lebih bergantung kepada orang lain atau orang tuanya untuk menyelesaikan segala kegiatannya seperti memakai sepatu, makan, masuk kelas dan sebagainya. Jika dilihat pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah 13 Surabaya mereka sudah memperlihatkan kemandiriannya mulai dari masuk sekolah hingga pulang. Pada dasarnya dengan memberikan anak-anak kesempatan melakukan segala sesuatu sendiri itu dapat melatih kemandirian pada diri anak. Maka pembelajaran seperti apakah yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 13 Surabaya sehingga kemandirian anak dapat muncul. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi model pembelajaran sentra di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 13 Surabaya dan (2) bagaimana implementasi model pembelajaran sentra dalam kemandirian anak kelompok di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 13 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni model Miles and Huberman dimana prosesnya dimulai dari mereduksi data, lalu menyajikan data dan verikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran sentra dalam kemandirian anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 13 Surabaya sangat baik karena mulai dari anak datang dan melakuakan kegiatan sentra hingga pulang diberikan pembiasaan-pembiasaan yang dapat mengembangkan kemandirian pada diri anak. Pembiasaan-pembiasaan tersebut diulang setiap harinya sehingga anak terbiasa dengan segala sesuatu yang mereka lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain dan hal itu menjukkan bahwa anak sudah mulai mandiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanum, Ummu KhoiriyahHanum.dimple@gmail.comD98215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com196707061994032001
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com197208291999031003
Subjects: Akhlak
Anak
Akhlak > Akhlak Mulia
Mandiri
Anak > Kepribadian
Uncontrolled Keywords: Sentra; kemandirian; Kelompok B
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Hanum Ummu Khoiriyah
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:54
Last Modified: 13 Aug 2019 07:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33626

Actions (login required)

View Item View Item