Analisis Hukum Islam terhadap kontrak pemain sepak bola Deltras Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kemar, Geas Falsa (2019) Analisis Hukum Islam terhadap kontrak pemain sepak bola Deltras Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Geas Falsa Kemar_C02215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam Terhadap Kontrak Pemain Sepak Bola Deltras Sidoarjo” dan merupakan penelitian lapangan (field research) dengan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana praktik kontrak pemain sepak bola Deltras Sidoarjo dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap kontrak pemain sepak bola di Deltras Sidoarjo. Data diperoleh dengan teknik wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan deskriptif analisis yaitu menguraikan terlebih dahulu praktik kontrak yang terjadi di tim Deltras Sidoarjo, kemudian dianalisis dari sudut pandang Hukum Islam dengan menggunakan akad ija@rah dalam menguraikan data wawancara tentang kontrak pemain Deltras Sidoarjo. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam praktik kontrak pemain sepak bola yang terjadi di tim Deltras Sidoarjo, jangka waktu, gaji yang diterima, dan berapa lama waktu keterlambatan pembayaran sudah dijelaskan seluruhnya pada saat pertemuan awal disertai penandatanganan kontrak dari kedua belah pihak. Akan tetapi saat kompetisi berlangsung, praktik kontrak tidak berjalan sesuai dengan kesepakatan, gaji terlambat 1,5 bulan lamanya dan belum terbayarkan dari kompetisi liga 2017 hingga sekarang. Adapun praktik kontrak pemain sepak bola di tim Deltras Sidoarjo tersebut tidak sesuai dengan konsep ija>rah dalam hukum Islam karena tidak terpenuhinya syarat ija>b dan qabu>l dimana manajamen mengingkari janji atau kesepakatan yang telah dibuat bersama pemain. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka: pemain seharusnya mengikuti seluruh program yang telah dibuat dan direncanakan oleh tim pelatih, yaitu berlatih dan bertanding karena hal tersebut adalah tugas utama seorang pemain setelah menandatanganani kontrak. Adapun manajemen seharusnya rutin untuk mencari dana agar upah dapat diberikan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang telah terjadi saat pertemuan awal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kemar, Geas Falsageasfalsa@gmail.comC02215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorChoiroh, Ifa MutitulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Hukum Ekonomi
Sepak Bola
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Kontrak Pemain Sepak Bola
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Kemar Geas Falsa
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:26
Last Modified: 14 Aug 2019 06:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33606

Actions (login required)

View Item View Item