Bimbingan dan konseling Islam dalam mengurangi perilaku Hedonisme seorang mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Risqi Damayanti Nabila (2019) Bimbingan dan konseling Islam dalam mengurangi perilaku Hedonisme seorang mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risqi Damayanti Nabila Putri_B93215082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini yakni tentang (1) Bagaimana proses pelaksanaan Bimbingan konseling Islam dalam mengurangi perilaku hedonisme seorang Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA? (2) Bagaimana hasil akhir proses pelaksanaan Bimbingan konseling Islam dalam mengurangi perilaku hedonisme seorang Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus yang dianalisa menggunakan pendekatan analisa deskriptif komparatif. Peneliti mencari data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian analisis dilakukan untuk mengetahui proses Bimbingan dan Konseling Islam dalam mengurangi perilaku hedonisme seorang mahasiswa di fakultas ilmu sosial dan hukum UNESA yaitu dengan membandingkan antara teori dan praktek di lapangan. Sedangkan untuk mengetahui hasilnya yakni dengan membandingkan kondisi sebelum dan sesudahnya dilakukan proses konseling yang telah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan data bahwa proses Bimbingan dan Konseling Islam dalam mengurangi perilaku hedonisme seorang mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA dengan menggunakan langkah-langkah yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, treatment, evaluasi dan follow up. Terapi bersyukur dan memotivasi konseli agar konseli dapat lebih bersyukur dengan apa yang ia miliki, selalu mengingat dan lebih dekat kepada Allah SWT, menjadi pribadi yang lebih baik. Hasil akhir dari proses konseling ini berhasil dengan melihat presentase sebanyak 85%. Dapat dilihat dari perubahan-perubahan yang semula konseli tidak mau membeli barang di toko biasa atau konseli selalu membeli barang branded, tidak berbohong kepada orang tua untuk membeli barang mengatasnamakan keperluan kuliah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Risqi Damayanti Nabilanp8927146@gmail.comB93215082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwan.alwiyah@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Bimbingan konseling Islam; hedonisme.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Putri Risqi Damayanti Nabila
Date Deposited: 06 Aug 2019 09:00
Last Modified: 06 Aug 2019 09:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33604

Actions (login required)

View Item View Item