Meningkatkan kemampuan kerjasama melalui kegiatan Outbound Kelompok B RA Muslimat NU 35 Al Hidayah di Wisata Alam Gosari Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azarimah, Nurul (2019) Meningkatkan kemampuan kerjasama melalui kegiatan Outbound Kelompok B RA Muslimat NU 35 Al Hidayah di Wisata Alam Gosari Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Azarimah_D98215067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kerjasama siswa dalam kegiatan pembelajaran, sehingga suasana dalam pembelajaran di kelas sangat monoton. Selain itu siswa yang kurang berinteraksi dengan teman sebayanya. Hal ini dapat di buktikan dalam kegiatan pra siklus yang dilakukan menunjukkan bahwa masih banyak anak yang Mulai Berkembang (MB) dan Belum Berkembang (BB) yakni 25% (MB) dan 30% (BB). Fokus dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelakasanaan kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan kerjasama di RA Muslimat NU 35 Al-Hidayah Gosari? Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama kelompok B RA Muslimat Nu 35 Al-hidayah Gosari? Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pada kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan kerjasama dan peningkatan kemampuan kerjasama kelompok B RA Muslimat NU 35 Al-Hidayah Gosari di Wisata Alam Gosari Ujungpangkah Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I, siklus II. Pada siklus I dan siklus II terdiri dari 4 tahap pengumpulan data dan pada penelitian ini menggunakan teknik obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan kegiatan outbound pada siklus I berbeda dengan siklus II. Perbedaan penggunaan permainan tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat melakukan kegiatan outbound dengan cara yang berbeda permainan. 2) Peningkatan kemampuan kerjasama dari hasil pra siklus mencapai prosentase sebesar 45%, sedangkan siklus I dari 20 siswa dalam satu kelas, diketahui bahwa 2 siswa mendapat skor BSB (10%), 8 siswa mendapat skor BSH (40%), dan 5 siswa mendapat skor MB (25%), dan 5 siswa mendapat skor BB (25%) jumlah penilaian dari 20 siswa adalah 1049,5 sedangkan nilai rata-rata adalah 52,4, siklus I mencapai prosentase sebesar 50% dan siklus II dari 20 siswa dalam satu kelas, diketahui bahwa 6 siswa mendapat skor BSB (30%), 9 siswa mendapat skor BSH (45%), dan 4 siswa mendapat skor MB (20%), dan 1 siswa mendapat skor BB (5%) jumlah penilaian dari 20 siswa adalah 1334 sedangkan nilai rata-rata adalah 66,22, siklus II mencapai persentase sebesar 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azarimah, Nurulazam170296@gmail.comD98215067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Kerjasama dan Kegiatan Outbound
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Azarimah Nurul
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:22
Last Modified: 06 Aug 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33603

Actions (login required)

View Item View Item