Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Mengurangi Pencemaran Sungai di Desa Begaganlimo Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Nur Mala (2019) Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Mengurangi Pencemaran Sungai di Desa Begaganlimo Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mala Fitria_B92215060.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bentuk penyadaran yang dilakukan kepada masyarakat melalui program Ngaji Lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi pencemaran sungai di Desa Begaganlimo. Konsep dari program ngaji lingkungan ialah masyarakat di sadarkan pada nilai-nilai keislaman yang ada di sekitar masyarakat, masyarakat diberikan pemahaman bahwasannya lingkungan adalah bentuk dari kebesaran Allah SWT. Implementasi dari program Ngaji Lingkungan adalah terbentuknya kelompok peduli lingkungan. Kelompok peduli lingkungan di Desa Begaganlimo disebut dengan kelompok Tunjung Biru. Kegiatan kelompok peduli lingkungan seperti pembuatan bank sampah, kegiatan kerja bakti desa dan terbentuknya aturan atau larangan tentang pencemaran sungai Desa Begaganlimo.
Adapun pendekatan penelitian yang akan dilakukan di Desa Begagan Limo Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto dengan menggunkan metode pendekatan Participatory action research (PAR). Peneliti menggunakan pendekatan PAR dikarenakan penelitian yang dilakukan berbasis partisipasi langsung dari masyarakat, maksud dari partisipasi yakni masyarakat ikut andil secara langsung dalam menemukan masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah dan ikut serta dalam melaksanakan aksi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pendekatan Participatory action research (PAR) diterapkan pada masyarakat Desa Begaganlimo melalui penyadaran berbasis masalah yang terjadi pada masyarakat, PAR menjadi sebuah alat untuk proses pelaksanaan penelitian dan PAR juga digunakan sebagai upaya penyadaran tentang situasi dan kondisi yang sedang dialami oleh masyarakat.
Penyadaran di awal akan lebih efektif dan lebih tepat dibandingkan setelah terjadinya sebuah persoalan. Antisipasi di awal akan memberikan pembelajaran yang luar biasa tentang bagaimana cara mencegah, merencanakan sebuah solusi hingga aksi nyata dalam melakukan perubahan. Pendampingan dengan cara membentuk kelompok merupakan salah satu upaya yang ada, dengan adanya kelompok masyarakat dapat sama-sama belajar bagaimana tentang pemecahan solusi nantinya. Pembentukan kelompok sebaiknya dilakukan dengan partisipasi penuh bersama masyarakat, peneliti hanya bagian kecil dalam pembentuk selebuhnya masyarakat yang bertanggung jawab penuh. Penyelesaian tentang pencemaran sungai sebaiknya tidak di selesaikan dengan cara kaku, tetapi dengan cara yang luwes agar masyarakat banyak yang ikut berparrtisipasi dan rasa kepemilikan program juga ada pada diri masing-masing masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Nur Malanurmalafitria2110@gmail.comB92215059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusthofa, Chabibnurmalafitria2110@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Masyarakat, Ngaji Lingkungan dan Penyadaran.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fitria Nur Mala
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:49
Last Modified: 06 Aug 2019 02:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33602

Actions (login required)

View Item View Item