Sejarah perkembangan Copler Community di Desa Gendot Sarirejo Lamongan Tahun 2016-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarok, M Nur (2019) Sejarah perkembangan Copler Community di Desa Gendot Sarirejo Lamongan Tahun 2016-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Nur Mubarok_A02212066.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul, Sejarah Perkembangan Copler Community di Desa Gendot Sarirejo Lamongan tahun 2016-2019. Adapun penelitian ini difokuskan pada, (1) bagaimana sejarah berdirinya Copler Community di Desa Gendot Sarirejo Lamongan? (2) bagaimana perkembangan Copler Community? (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangan Copler Community? Untuk menjawab permasalahan di atas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian lapangan dan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan berbagai informasi dari hasil wawancara dengan narasumber yang berkaitan dengan objek penelitian untuk dijadikan bahan referensi dan sumber data. Penulis juga melakukan wawancara kepada anggota Copler Commuity untuk mendapatkan data tentang perkembangan Copler dari tahun ke tahun. Maka hasil penelitian dapat diperoleh beberapa kesimpulan, (1) sejarah masuknya Copler Community sudah ada sejak tahun 2016, namun baru terstruktural secara organisasi pada tahun 2017 (2) perkembangan komunitas ini cukup aktif di masyarakat sehingga peminatnya untuk bergabung ke dalam komunitas ini bertambah setiap tahunnya (3) faktor pendukung komunitas ini agar tetap eksis dipengaruhi banyak hal salah satunya ialah faktor ketokohan yang membuat para jamaahnya menjadi tergabung dalam komunitas ini. Namun demikian, komunitas ini juga memiliki penghambat dalam perkembangannya, seperti munculnya prasangka-prasangka sosial dari komunitas yang juga satu desa dan dari masyarakat desa Gendot sendiri. Namun, solusi yang dimunculkan oleh Copler Community ini tetap mampu menunjukkan kualitas organisasinya yang tidak mudah goyah dan tetap berprinsip mengadakan kegiatan yang positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarok, M Nurnurmubarok09@gmail.comA02212066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKhodafi, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sosiologi
Adat
Uncontrolled Keywords: Sejarah; Copler; komunitas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mubarok M Nur
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:55
Last Modified: 08 Aug 2019 07:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33596

Actions (login required)

View Item View Item