Pengaruh pola asuh orangtua autoritatif terhadap kemandirian Siswa di RA Perwanida III Desa Sukoanyar Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanto, Syntia Juniar (2019) Pengaruh pola asuh orangtua autoritatif terhadap kemandirian Siswa di RA Perwanida III Desa Sukoanyar Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syntia Juniar Susanto_D98215045.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pola asuh orangtua autoritatif terhadap kemandirian anak di RA Perwanida III Lamongan. Penelitihan ini di latar belakangi adanya pola asuh orangtua autoritatif yang diterapkan kepada anak. Pola asuh orangtua autoritatif merupakan interaksi antara anak dan orang tua dengan memberikan batasan dan kebebasan dalam kegiatan pengasuhan kepada anak. Pengasuhan ini berarti orang tua mendidik, membimbing, mendisiplinkan, serta melindungi anak. Kemandirian merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting bagi anak usia dini. Kemandirian adalah suatu sikap dan kemampuan anak dalam bertindak dan melakukan semua keiatan dengan sendiri tanpa bantuan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh orangtua autoritatif, bagaimana kemandirian anak dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak di RAAthfal Perwanida III Desa Sukoanyar Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Manfaat yang diperoleh dari penelitihan ini adalah dapat mengembangkan kemandirian anak dan dapat memberikan kesempatan pada anak untuk ikut serta dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket (kuesioner), observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau, untuk mengetahui kekuatan korelasi antara variabel X dan Y. Kesimpulan penelitihan ini adalah: (1) Pola asuh auotoritatif di RA Perwanida III banyak diterapkan oleh orangtua, hampir 80% orangtua sudah memahami cara mengasuh anak yang baik; (2) Di RA Perwanida III 70% tingkat kemandirian anak baik, anak-anak dapat melakukan berbagai kegiatan sekolah dengan sendiri tanpa bantuan orangtua tetapi ada 30% yang masih memerlukan bantuan; dan (3) Adanya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian anak di RA Perwanida III Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel X dan Y, dibuktikan bahwa N = 25 dan rtabel = 0,394 diperoleh rhitung = 0,441 yang artinya (rtabel < rhitung) dan di kategorikan sedang, karena r-hitung (0,441) lebih besar dari r-tabel (0,394) yang artinya semakin baik pola asuh orangtua autoritatif maka kemandirian anak akan semakin baik pula.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanto, Syntia JuniarSyntia.js@gmail.comD98215045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Psikologi
Psikologi > Keluarga
Psikologi > Psikologi Anak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Anak > Kepribadian
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua; Kemandirian Anak; PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Susanto Syntia Juniar
Date Deposited: 07 Aug 2019 08:09
Last Modified: 07 Aug 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33593

Actions (login required)

View Item View Item