Pola modifikasi perilaku disiplin santri di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 Genggong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nada, Najwan (2019) Pola modifikasi perilaku disiplin santri di Madrasah Tsanawiyah Zainul Hasan 1 Genggong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Najwan Nada_B53215054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menguraikan tentang (1) program apa saja yang diselenggarakan MTs. Zainul Hasan 1 Genggong sebagai upaya membentuk disiplin santri, (2) bagaimana teknik-teknik modifikasi perilaku yang diimplementasikan pada program-program di MTs. Zainul Hasan 1 Genggong.
Sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif (quasi kualitatif), yaitu dengan mendeskripsikan semua data sesuai apa yang ditemui di lapangan. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan peneliti kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program kedisiplinan di Madrasah. Observasi non partisipan dilakukan peneliti untuk mengetahui pelaksanaan program yang lebih natural. Sedangkan dokumentasi dilakukan peneliti setiap mengikuti kegiatan atau progam yang berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs. Zainul Hasan 1 Genggong memiliki 3 program sebagai upaya membentuk disiplin santri, yaitu Pelopor Kedisiplinan, Petasan (Penegak Tata Tertib Santri), dan Profatan (Program Menghafal dan Mengkhatamkan Alquran). Dari ketiga program tersebut, Pelopor Kedisiplinan adalah program yang memiliki intensitas lebih dibanding yang lain. Sehingga program yang dilaksanakan hampir 24 jam selama sehari tersebut lebih berperan dalam membentuk disiplin santri. Selain itu, program-program di MTs. Zainul Hasan 1 Genggong juga telah memenuhi standar program kedisiplinan dengan terpenuhinya unsur-unsur disiplin, yaitu peraturan, penghargaan, hukuman, dan konsistensi. Sebagian besar teknik-teknik modifikasi perilaku juga telah diimplementasikan dalam program-program MTs. Zainul Hasan 1 Genggong untuk membentuk disiplin santri, yakni modelling, positive reinforcement, token economy, dan time-out. Sedangkan hanya ada dua teknik yang tidak diimplementasikan, yaitu shaping dan pembuatan kontrak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nada, Najwannajwannada12@gmail.comB53215054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Mohammadmuhammadthohir@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Perilaku
Keywords: Modifikasi Perilaku; disiplin; santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nada Najwan
Date Deposited: 06 Aug 2019 03:05
Last Modified: 06 Aug 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33569

Actions (login required)

View Item View Item