Negara Ideal dalam Alquran: studi komparasi penafsiran Ibnu Katsir dan M. Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aditya, Yanuar Dwi (2019) Negara Ideal dalam Alquran: studi komparasi penafsiran Ibnu Katsir dan M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanuar Dwi Aditya_E03215051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendapat dua mufasir, yakni M. Quraish Shihab dan Ibnu Kathir dalam menafsirkan QS. Saba’ ayat 15 mengenai konsep suatu negara yang ideal. Dari pendapat dua mufasir tersebut, tentunya akan dideskripsikan pula persamaan dan perbedaan penafsiran diantara keduanya yang juga menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) melalui pendekatan metode muqaran (komparasi), yakni membandingkan penafsiran antara M. Quraish Shihab dan Ibnu Kathir. Setelah itu akan dideskripsikan mengenai persamaan sekaligus perbedaan penafsiran diantara keduanya. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan mengumpulkan berbagai data baik berupa catatan, artikel, buku, jurnal maupun dokumen lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Data yang terkumpul diseleksi menjadi data primer dan sekunder yang kemudian dari hasil klasifikasi tersebut akan dianalisis menggunakan teknik penulisan deskriptif dan memberikan kesimpulan terhadap hasil analisis mengenai persamaan dan perbedaan penafsiran kedua mufasir yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan antara M. Quraish Shihab dan Ibnu Kathir baik dari metode maupun penafsirannya. Perbedaan penafsiran tersebut tidak lepas dari latar belakang keilmuan dan lingkungan tiap mufasir. Dalam menafsirkan mengenai konsep suatu negara yang ideal yang didasarkan pada QS. Saba’ ayat 15 ini, Ibnu Kathir menukil beberapa pendapat dan menyimpulkan bahwa negara ideal (baldah toyyibah) ialah negeri yang berada dalam tauhid. Sedangkan M. Quraish Shihab sebagai mufasir nusantara menafsirkan lebih rinci, bahwa yang dimaksud dengan baldah thoyyibah adalah negeri yang aman sentosa, makmur, terjalin hubungan yang harmonis antar penduduknya sehingga menumbuhkan persatuan dan kesatuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aditya, Yanuar Dwiyanuardwiaditya8@gmail.comE03215051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Hasan, MuzayyanahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorPurwanto, PurwantoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Negara Islam
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Negara Ideal dalam Alquran; Negara Ideal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aditya Yanuar Dwi
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:47
Last Modified: 08 Aug 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33564

Actions (login required)

View Item View Item