الأفعال الكلامية في رواية "هايدي" ليوهانا شبيري (دراسة تحليلية تداولية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Fatimah (2019) الأفعال الكلامية في رواية "هايدي" ليوهانا شبيري (دراسة تحليلية تداولية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Azzahra_A91215102.pdf

Download (1MB)

Abstract

Heidi adalah gadis kecil yatim piatu yang tinggal bersama nenek dan bibinya. Setelah kematian sang nenek, bibi heidi memutuskan menerima pekerjaan di lain kota. Namun ia tak bisa membawa Heidi dan memutuskan untuk menitipkan Heidi ke kakek Alm yang tinggal di gunung. Kakek Alm terkenal sebagai sosok yang menakutkan. Ia tak pernah mau bergaul dengan masyarakat setempat. Itulah sebabnya kakek Alm memilih menetap di puncak gunung. Dalam karya tulis ilmiah ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu, Pertama bagaimana bentuk tindak tutur dalam novel Heidi. Kedua,apa makna dari tindak tutur tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah jenis Library Research, dan untuk menjawab rumusan masalah peneliti menggunakan teks novel tersebut sebagai sumber datanya. Hasil dari penelitian yang sudah peneliti lakukan dari novel Haidi menunjukan bahwa terdapat 66 data, yang terdiri dari : pertama : bentuk Tindak tutur Lokusi berjumlah 20 kalimat, Ilokusi 25 kalimat dan Perlokusi 21 kalimat. Kedua : Makna Tindak tutur dalam novel heidi terdapat 66 makna yang terdiri dari Tindak tutur Lokusi : Heidi berkata : saya belum pernah belajar membaca. Kalimat “belum belakar membaca adalah penjelasan heidi kepada nenek bahwa ia tidak bisa membaca”. Ilokusi : pria tua berkata: wahai anak kecil, keluarlah kamu dari ruang ini dan bawa kucing itu bersamamu! Kalimat “keluarlah dari ruang ini”adalah perintah agar heidi dan kucingnya keluar dari ruangan tesebut supaya pria itu tidak terganggu oleh mereka. Perlokusi : Heidi : Naiklah, untuk melihat betapa indahnya pemandangan ini! Kalimat “untuk melihat pemandangan indahnya pemandangan” adalah untuk memberi pengaruh kepada kakek agar kakek mau naik ke kamar atas untuk melihat pemandangan indah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Fatimahfatimah9949@gmail.comA91215102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSyaikhu, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Linguistik
Uncontrolled Keywords: Pragmatik; Tindak tutur; Lokusi; Ilokusi; Perlokusi; Novel Heidi; Johanna Spyri
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Azzahra Fatimah
Date Deposited: 08 Aug 2019 02:18
Last Modified: 08 Aug 2019 02:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33563

Actions (login required)

View Item View Item