Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak melalui Metode Bercerita menggunakan Media Gambar Seri pada Siswa Kelompok B di Kelompok Bermain (Kb) Taman Kanak-Kanak (Tk) Al Wahyu Rewwin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Makhroja, Makhroja (2019) Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak melalui Metode Bercerita menggunakan Media Gambar Seri pada Siswa Kelompok B di Kelompok Bermain (Kb) Taman Kanak-Kanak (Tk) Al Wahyu Rewwin Sidoarjo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Makhroja_D08214002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatarbelakangi karena pentingnya perhatian terhadap kemampuan bercerita anak yang masih rendah, dikarenakan media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran masih kurang dimanfaatkan. Sehingga peneliti menggunakan cara yang bisa meningkatkan kemampuan bercerita anak menggunakan media gambar seri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak serta mengetahui hasil peningkatan kemampuan bercerita anak menggunakan media gambar seri pada siswa kelompok B di KB-TK Al Wahyu Rewwin Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lewin dengan bentuk kolaboratif dan menggunakan dua siklus. Model penelitian ini setiap siklus memiliki 4 komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan yang dimaksud dengan bentuk kolaboratif dalam PTK ini adalah peneliti dan pendidik bekerjasama atau berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menjelaskan sebagai berikut: 1) Pembelajaran dengan media gambar seri memperoleh peningkatan yang baik dari tahap siklus I ke tahap siklus II. Hasil penilaian observasi aktivitas peserta didik memperoleh nilai akhir 65,28 menjadi 84,72 dan hasil penilaian observasi aktivitas pendidik memperoleh 61,11 menjadi 87,5. 2) Tahap pra siklus, terdapat 2 peserta didik yang tuntas memperoleh nilai rata-rata 40,90 dengan persentase 18,18 %. Tahap siklus I, terdapat 5 peserta didik yang tuntas memperoleh nilai rata-rata 68,64 dengan persentase 45,45 %. Sedangkan Tahap siklus II, terdapat 9 peserta didik yang tuntas memperoleh nilai rata-rata 80,45 dengan persentase 81,81 %. Dapat disimpulkan bahwasanya kemampuan bercerita anak dapat ditingkatkan menggunakan media gambar seri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Makhroja, Makhrojaocja44@gmail.comD08214002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Makhroja Makhroja
Date Deposited: 12 Aug 2019 02:16
Last Modified: 12 Aug 2019 02:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33536

Actions (login required)

View Item View Item