Fenomenologi Bersih Dam Bagong: studi tentang kepercayaan masyarakat Kelurahan Ngantru Kabupaten Trenggalek ditinjau dari teori Fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Hikmatul (2019) Fenomenologi Bersih Dam Bagong: studi tentang kepercayaan masyarakat Kelurahan Ngantru Kabupaten Trenggalek ditinjau dari teori Fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hikmatul Khusna_E71214020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peringatan Tradisi Bersih Dam Bagong merupakan satu bentuk Ritual Tradisional masyarakat Ngantru Kabupaten Trenggalek yang berlangsung turun temurun dari nenek moyang. Upacara Bersih Dam Bagong merupakan bagian dari kebiasaan di Kelurahan Ngantru yang didalamnya memiliki nilai-nilai budaya yang tinggi. Masyarakat Ngantru dalam merayakan upacara tersebut dengan membuat sesaji dan berkumpul di samping makam Adipati Menak Sopal. Tradisi Bersih Dam Bagong ini dilakukan pada hari Jum’at Kliwon bulan Selo (Dzulqo’dah) yang bertujuan untuk ucapan rasa Syukur terhadap Allah SWT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, dengan cara mengumpulkan data-data hasil observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif suatu metode yang bermaksud untuk membuat fakta mengenai situasi atau kejadian yang terkait dengan teori fenomenologi Edmund Husserl. Kepercayaan yang dilakukan Masyarakat Ngantru dalam upacara Bersih Dam Bagong akan membawa dampak kebaikan bagi kehidupan masyarakat Ngantru dan sekitarnya, yaitu dijauhi dari marabahaya dan gangguan dari hama yang merusak pertaniannya. Namun sebaliknya jika Masyarakat Ngantru tidak melakukan Tradisi itu akan mengalami bencana banjir dan hasil pertanian yang akan menurun, serta persaudaraan akan semakin renggang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, Hikmatulhikmatulhusna605@gmail.comE71214020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorKasno, Kasnodigilib@uinsby.ac.id2001125901
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Budaya Islam
Adat
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi; Tradisi Bersih; Dam Bagong
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Khusna Hikmatul
Date Deposited: 09 Aug 2019 03:19
Last Modified: 20 May 2020 03:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33529

Actions (login required)

View Item View Item