Pluralisme Agama di Indonesia Dalam Pandangan Abd A'la

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Machmudah, Atik (2019) Pluralisme Agama di Indonesia Dalam Pandangan Abd A'la. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Atik Machmudah_A92215076.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pluralisme Agama di Indonesia dalam Pandangan Abd A’la”.Adapun permasalahan yang dibahas untuk memperoleh data dalam penulisan skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana biografi Abd A’la, 2). Bagaimana pandangan Abd A’la mengenai pluralisme agama di Indonesia, dan 3). Bagaiamana upaya dalam mewujudkan nilai pluralisme agama berdasarkan nilai pancasila. Dalam penulisan skripsi ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan menggunakan empat tahapan, diantaranya yaitu: heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yang pertama yaitu pendekatan historis. Pendekatan historis adalah bahasan mengenai riwayat hidup dan intelektualitas tokoh. Kedua pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang dapat menghasilkan data-data deskriptif dalam bentuk tulisan maupun lisan dari pelaku yang dapat diamati.Sedangkan teori yang digunakan adalah teori fungsional struktural yang dikemukakan oleh Talcott Parsons, yang menyatakan bahwa masyarakat merupakan suatu sistem sosial yang yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan. Hasil dari penelitian skripsi ini yaitu (1).Abd A’la merupakan tokoh intelektual ahli sejarah di UIN Sunan Ampel Surabaya yang ahli dalam bidang sejarah perkembangan pemikiran Islam.Beliau merupakan putra dari bapak KH.Ahmad Basyir dan Nyai Hj. Umamah Makkiyah, yang lahir di Madura pada tanggal 5 September 1957.Banyak karya tulis yang sudah diterbitkan, termasuk buku-buku yang membahas mengenai pluralisme. (2). Dalam pandangan beliau, nilai-nilai pluralisme agama di Indonesia ini sudah tertanamkan dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Beliau melihat bahwa masyarakat Indonesia sering kali saling bekerja sama dengan penganut agama lain tanpa membeda- bedakan perbedaan dari masing-masing agama. Namun, akhir-akhir ini keadaan pluralisme di Indonesia sedikit mengalami persoalan ketika adanya upaya dari kelompok-kelompok tertentu yang menjadikan suatu agama sebagai alat politik untuk kepentingan sempit. (3). Terjadinya berbagai konflik yang terjadi di Indonesia memiliki dampak negatif yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya upaya menumbuhkan nilai-nilai pluralisme dalam diri masing-masing. Menurut Abd A’la ada beberapa upaya untuk menumbuhkan sikap pluralisme, diantaranya: menanamkan nilai-nilai pluralitas dalam sistem pendidikan, praktek dan dialog antar umat beragama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Machmudah, Atikatikmachmudah38@gmail.comA92215076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNuriyadin, Nuriyadinnuriyadin@hotmail.com197501202009121002
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: Pluralisme; Agama; Perbedaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Machmudah Atik
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:25
Last Modified: 09 Aug 2019 06:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33519

Actions (login required)

View Item View Item