Hadis Ekoteologi dalam Sunan Ibn Majah nomor indeks 2454: kajian ilmu Ma‘Anil Hadis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Said, Achmad Chafidus (2019) Hadis Ekoteologi dalam Sunan Ibn Majah nomor indeks 2454: kajian ilmu Ma‘Anil Hadis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Chafidus Said_E05215002.pdf

Download (7MB)

Abstract

Bumi terdapat berbagai elemen, di antaranya ada atmosfer, langit, udara, awan, tanah dan air. Allah SWT menciptakan bumi tidak lain bertujuan untuk memberi napas untuk ciptaan-Nya, dalam kehidupan di bumi tidak bisa terlepas dari alam. Maka dari itu manusia wajib untuk menjaga bukan malah merusak ataupun berbuat semaunya sendiri tanpa memikirkan dampak apa yang terjadi bila lingkungan sudah dirusak oleh tangan manusia. Penelitian ini diorientasikan untuk menjawab tiga pokok permasalahan, pertama kehujjahan hadis ekoteologi dalam Sunan Ibn Ma jah, kedua pemaknaan hadis ekoteologi dalam periwayatan Ibn Ma jah dan yang terakhir untuk mengetahui implikasi hadis tentang ekoteologi. Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Penelitian ini menggunakan kitab Sunan Ibn Ma jah sebagai sumber utama dibantu dengan beberapa kitab hadis standar lainnya. Kemudian dianalisa menggunakan metode kritik sanad dan matan dan pemaknaan menggunakan pendekatan bahasa terhadap hadis. Adapun hasil dari penilitian ini pertama, s ah i h, dan termasuk kategori hadis maqbu b ma’mu lun bih sehingga dapat dijadikan hujjah. Kedua, melihat dari syarah hadis bahwasannya ekoteologi/merawat lingkungan dianjurkan oleh Nabi dan jangan merusak. Ketiga, dampak yang terjadi bila tidak mengelola lahan dengan akan mengakibatkan bencana alam dan lahan tersebut akan dihuni oleh setan sehingga mengakibatkan terganggunya aktivitas manusia. Tanah yang tidak ditanami orang-orang sekitarnya lebih miskin daripada orang yang hidup di lahan yang ditanami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Said, Achmad ChafidusChafidussaid87@gmail.comE05215002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFadlilah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Hadis
Ekologi
Uncontrolled Keywords: Hadis Ibn Majah 2454, Ekoteologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Said Achmad Chafidus
Date Deposited: 07 Aug 2019 07:38
Last Modified: 07 Aug 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33511

Actions (login required)

View Item View Item