Perancangan Pasar Tanjung Anyar Mojokerto Dengan Pendekatan Eco Culture

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Silmy (2019) Perancangan Pasar Tanjung Anyar Mojokerto Dengan Pendekatan Eco Culture. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Silmy Puspita_H03215010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Arus globalisasai yang semakin meningkat akan membuat suatu perubahan pada semua aspek untuk lebih baik, baik dari pola pikir manusia yang semakin maju juga pada penataan dan perbaikan semua sektor terutama sektor perdagangan. Pasar tradisional merupakan salah satu sektor perdagangan yang saat ini masih menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kehidupan sehari hari. Pasar Tanjung Anyar Mojokerto merupakan pasar yang berada di pusat Kota Mojokerto sebagai salah satu alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, hanya saja fungsi pasar sebagai sarana perekonominan mikro tidak diimbangi dengan perbaikan maunpun penataan fasilitas yang baik serta memperbaiki image “ kumuh dan kotor” yang melekat pada padar tradisional. Maka maka dari itu perlu adanya suatau perancangan Pasar Tanjung Anyar Sehingga masyarakat bisa merasakan kenyamanan ketika berbelanja serta pasar tradisional dan pasar modern bisa berjalan seimbang terutama dalam aspek fisik. Upaya perbaikan dan penataan pasar Tanjung Anyar meliputi pengadaan sirkulasi yang lebar, pembagian zona sesuai jenis komoditas, menyediakan taman aktif dan pasif, menyediakan area pembuangan sampah, serta area kantin yang bersifat semi outdoor. Pendekatan Eco Culture digunakan pada perancangan Pasar Tanjung Anyar untuk mengatasi aspek lingkungan pasar serta tetap mempertahankan aspek budaya berbelanjanya, sehingga dengan memperhatikan aspek lokalitasnya diharapkan pasar Tanjung Anyar ini akan dapat berjalan secara berkelanjutan. Perancangan pasar tradisional sebagai acuan untuk melakukan observasi ke tempat yang sejenis, selanjutnya melakukan pengumpulan data dan berbagai teori yang terkait, sebagai kesimpulan penyajian berupa pemrograman ruang, konsep rancangan, konsep struktur, konsep utilitas, serta gambar eksterior maupun interior dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi sebagai ilustrasi desain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Silmysilmypuspita@gmail.comH03215010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHapsari, Oktavi Elokoktagaudielok@gmail.comail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Arsitektur
Keywords: Pasar Tradisional; Eco Culture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Puspita Silmy
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:26
Last Modified: 06 Aug 2019 07:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/33506

Actions (login required)

View Item View Item